51 Kali dibaca, Diterbitkan: 18 March 2019        


 

HARI MINGGU IV PRAPASKAH
MINGGU, 24 MARET 2019 – Renungan Malam
KJ.52:1 – Berdoa
MANUSIA BERKARYA, TAPI ALLAH YANG PENTING

1 Korintus 3:5-9
Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan (ay 6)

Saudara yang terkasih, Paulus memberi nasihat yang penting kepada jemaat di Korintus berkaitan dengan dirinya dan Apolos (ay 5) supaya jemaat dapat memandang mereka sebagai pelayan yang sama dan sama-sama memberitakan kabar keselamatan. Jika Tuhan bukan yang utama dan manusia lebih panting, maka dapat dipastikan bahwa umat belum memahami makna pendamaian oleh salib Kristus. Paulus hendak menyampaikan bahwa bukan Paulus atau Apolos yang menyelamatkan, tetapi Kristus, sehingga pertumbuhan kearah pemahaman demikian sangat penting. Paulus dan Apolos berbeda dalam tugas mereka, namun sama sebagai kawan sekerja Allah (ay.9).

Kesamaan sebagai kawan sekerja Allah menunjukkan bahwa Allah bekerja melalui mereka. Pelayanan mereka yang berbeda hentuknya menandakan bahwa keberagaman pelayanan perlu ditanggapi dengan syukur. Melalui bacaan ini hendak dikemukakan hal yang sangat mendasar yakni setiap pelayanan adalah anugerah-Nya yang patut dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Kaummaan seorang pelayan dalam melayani adalah menjaga jarak dengan keinginan mengakui diri sebagai yang terpenting. Seluruh gerak pelayanan yang berorientasi pada diri sendiri akan mengabaikan Kristus Yesus sebagai yang utama dan terutama.

Oleh sebab itu, hindarilah godaan untuk menonjolkan diri sendiri dan mengabaikan Tuhan. Teladanilah Paulus yang selalu menyadari bahwa Yesuslah yang terpenting. Sebuah rumah dengan semua perabotan memang membuat rumah tersebut nampak utuh, namun kenapa yang menjadi kepala dalam rumah itulah yang terpenting. Gambaran ini hendak menjelaskan bahwa setiap bentuk pelayanan yang membangun persekutuan merupakan prakarsa Yesus, Sang Kepala Gereja yang melibatkan manusia. Kalau demikian adakah yang patut dibanggakan? Atau perlukah merasa bangga dengan segala pelayanan? Tetaplah bersyukur sambil menghayati perkataan Yohanes Pembaptis “Ia harus semakin besar; aku harus semakin kecil” (Yoh. 3:30).

KJ. 52 : 2
Doa : (Tuhan, teguhkanlah kami dalam pelayanan yang beragam sambil mengakui bahwa Engkaulah yang terpenting, bukan kami).


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *