JUMAT, 10 MEI 2019 – Renungan Malam

12 Kali dibaca, Diterbitkan: 10 May 2019        


 

MINGGU II SESUDAH PASKAH

GB.327: 1,2 – Berdoa

BERKARYA SELAGI MASIH ADA WAKTU

1 Tawarikh 22 : 1 – 5
Lalu Daud membuat sangat banyak persediaan sebelum ia mati (ay.5)

Perencanaan matang dilakukan raja Daud. Keinginan dan harapannya membangun bait Allah sedemikian kuat. Raja Daud tidak memaksakan diri sebagai pelaksananya. Daud memahami kehendak Allah yang memilih Salomo sebagai pribadi yang dikhususkan bagi tugas membangun bait Allah. Daud mengerti bahwa hidupnya jauh dari sempurna (lihat ay. 8). Yang utama, bagaimana bait Allah dapat dibangun dengan segala bahan yang dibutuhkan.

Waktu selalu berjalan tanpa ada yang dapat menghalanginya. Tuhan yang berdaulat atas waktu dalam hidup manusia. Raja Daud mengerti tidak selamanya hidup. Hidupnya terbatas. Saatnya akan tiba hari kematian. Sebelum kematian datang, raja Daud berupaya maksimal mengadakan persediaan barang bagi kebutuhan pembangunan bait Allah (lihat ay. 14-16). Tentu raja Daud bersyukur bahwa harapannya membangun bait Allah pasti terwujud. Tuhan sudah memberitahu bahwa anaknya, Salomo dipilih melakukan tugas itu. Apa yang dilakukan raja Daud merupakan komitmen tidak hanya dengan perkataan, tetapi juga dengan perbuatan. Raja Daud sendiri menjadi contoh yang baik dalam membangun bait Allah sebagai wujud syukur dan ketaatan kepada Allah yang memberkati hidupnya dan bangsa Israel secara keseluruhan.

Sebagai warga gereja, sudah sepatutnya kita meneladani Daud yang adalah seorang raja dan sekaligus ayah yang taat kepada Allah. Daud melakukan segala yang terbaik agar dapat menjadi berkat bagi bangsanya dan keluarganya. Sudah sejauh mana kita berkontribusi mendukung pembangunan dan pelayanan gereja Tuhan? Adakah kita memperlihatkan kesaksian terpuji tentang kekristenan yang saling mendukung dan bukannya saling menghakimi? Mari kita berdoa agar kita dapat tampil menjadi berkat bagi keluarga dan jemaat Tuhan dengan kesediaan untuk melayani dan memberi waktu, tenaga dan harta benda bagi kemuliaan Allah kita.

GB.327: 3
Doa : (Hidup kami sepenuhnya ada dalam kuasa-Mu. Tolong kami untuk memanfaatkan sebaik mungkin bagi kemuliaan-Mu dengan memperlihatkan komitmen dan kerelaan untuk memberi bagi kerja pemberitaan Injil melalui gereja Tuhan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *