JUMAT, 10 MEI 2019 – Renungan Pagi

84 Kali dibaca, Diterbitkan: 10 May 2019        


 

MINGGU II SESUDAH PASKAH

GB.289 : 1,2 – Berdoa

PERLIHATKAN KUALITAS KERJA BERMUTU

1 Raja-Raja 5:13-18
Dan raja memerintahkan supaya mereka melinggis batu yang besar, batu yang mahal-mahal untuk membuat dasar rumah itu dari batu pahat. (ay.17)

Proyek pembangunan bait Allah memasuki tahap peletakan fondasi. Bangunan yang besar dan megah ini, membutuhkan fondasi yang kokoh. Dalam hal ini dibutuhkan kecakapan khusus agar bangunan yang didirikan dapat berdiri sempurna. Fondasi yang rapuh dapat mengakibatkan bangunan roboh. Bangunan bait Allah yang dirancang khusus, diharapkan dapat bertahan untuk masa yang lama dan mengakomodasi umat yang datang beribadah.

Salomo memiliki peran utama dalam merancang, memutuskan dan melaksanakan pembangunan bait Allah. Dengan hikmat Tuhan, Salomo memikirkan tidak hanya elemen kayu tetapi juga elemen batu yang hendak digunakan. Salomo menggunakan tenaga-tenaga terampil yang terdiri 3.300 mandur, 8.000 tukang pahat dan 70.000 kuli. Fondasi yang berkualitas menjamin mutu bangunan bait Allah yang aman bagi kepentingan umat. Salomo tidak membiarkan proyek pembangunan bait Allah berjalan tanpa pengawasan. Salomo mengetahui dengan lengkap seberapa banyak batu pahatan yang dibutuhkan dan selesainya pembangunan bait Allah itu. Batu-batu yang terbaik dengan harga mahal, menjadi pilihan terbaik sebagai fondasi bait Allah. Salomo yakin bahwa biaya mahal yang dikeluarkannya menjadi setimpal dengan hasil yang diharapkan.

Kehidupan beragama seringkali tidak selaras dengan perilaku manusianya. Sebagai contoh, penyelewengan dana dalam proyek pemerintah telah mengakibatkan bangunan sekolah milik pemerintah ambruk dalam tempo cepat. Perilaku koruptif serta minimnya pengawasan berujung pada buruknya kualitas bangunan dan membahayakan keselamatan orang lain. Kita perlu mencontoh Salomo yang mengutamakan hasil kerja yang bermutu tinggi bagi kepentingan umat. Sebagai umat Tuhan, kita hendaknya memperlihatkan kualitas kerja yang baik dengan membangun budaya disiplin, pelaporan anggaran transparan serta kerjasama tim yang unggul.

GB.289 : 3
Doa : (Tuntun kami dengan terang Roh Kudus agar dapat mempelihatkan kualitas kerja terbaik yang mempermuliakan Tuhan dan jadi berkat bagi banyak orang)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *