JUMAT, 12 JULI 2019 – Renungan Malam

6 Kali dibaca, Diterbitkan: 12 July 2019        


 

MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA

GB.258 : 1 – Berdoa

JAGALAH KEBERSIHAN GEREJA!

Keluaran 19:21-25
Lalu berkatalah Musa kepada TUHAN : “Tidak akan mungkin bangsa itu mendaki gunung Sinai ini, sebab Engkau sendiri telah memperingatkan kepada kami, demikian: Pasanglah batas sekeliling gunung itu dan nyatakanlah itu kudus.” (ay.23)

Ruang ibadah adalah ruang yang suci. Mengapa? karena ruang ibadah merupakan tempat Tuhan bertemu dengan umat melalui persekutuan. Hal itu berarti ruang ibadah perlu untuk mendapatkan perhatian terkait kebersihan dan kelayakan fasilitas yang ada dalam ruangan itu. Perhatian itu merupakan bukti bahwa orang Kristen tidak menganggap remeh tempat yang suci. Namun, tidak jarang kita temui ruang-ruang ibadah tidak begitu bersih, bahkan kadang tidak terawat. Bacaan kali ini membahas tentang tempat maha suci di mana Tuhan hendak menampakkan diri bagi bangsa Israel.

Diawali dengan percakapan antara Tuhan dan Musa, yang isinya peringatan terhadap bangsa Israel. Peringatan itu berisi tentang bagaimana Israel harus menentukan sikapnya. Tuhan tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi kepada bangsa Israel, sehingga ia memberikan peringatan. Musa menanggapi peringatan dari Tuhan dengan memasang batas agar bangsa Israel tidak melewati batas tersebut. Tuhan mengingatkan Musa, agar memberitahukan Israel mengenai peringatan itu. Tuhan adalah sosok yang kudus sehingga untuk berhadapan dengan-Nya, Israel membutuhkan persiapan yang serius. Tidak hanya terhadap Tuhan, Israel juga perlu untuk menghormati tempat di mana Tuhan menyatakan kehadirannya.

Sebagai orang Indonesia yang beragama Kristen, tugas kita ialah menjaga agar ruang-ruang ibadah tampak bersih, baik dari dalam maupun dari luar. Seperti ada pepatah mengatakan bahwa kebersihan adalah pangkal dari iman. Seorang Kristen perlu untuk menghormati gedung gereja. Namun, itu tidak berarti menjadikan gedung seperti berhala. Kita perlu untuk menghormati tempat ibadah karena dari tempat itu, Tuhan berkenan menghadirkan diri-Nya dan memberkati Kita.

GB.258 : 2,3
Doa : (Ya Tuhan, ajarlah kami kepekaan untuk memperhatikan dan merawat Rumah-Mu dengan baik karena dirumah-Mu kami selalu di berkati)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *