Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

JUMAT, 16 AGUSTUS 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU IX SESUDAH PENTAKOSTA

GB.50 : 1 – Berdoa

LAIN DULU, LAIN SEKARANG

 

1 Petrus 2:9-10

“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih…” (ay.9)

Semua orang pasti mau menjadi orang terpilih. Apalagi jika dipilih untuk mendapatkan sesuatu yang menguntungkan dan menghasilkan bagi kehidupannya. Sebaliknya, jika dipilih untuk mengerjakan sesuatu yang menghasilkan kebaikan bagi kehidupan orang lain, belum tentu semua orang mau; eit nanti dulu! Petrus menyatakan bahwa orang Kristen adalah orang-orang terpilih.

Mereka dipanggil dan dipilih oleh Allah hanya karena kasih dan anugerah-Nya; bukan atas kehebatan diri mereka. Dulunya, mereka adalah orang-orang berdosa. Mereka melakukan kejahatan dan berbagai macam kecemaran. Allah memanggil mereka untuk keluar dari kegelapan dosa supaya mereka datang kepada terang keselamatan yang ajaib melalui Yesus Kristus. Mereka yang dipanggil oleh Allah, merekajuga yang dipilih-Nya.

Panggilan dan pilihan Allah melalui Yesus Krustus menimbulkan suatu perubahan status dalam diri orang-orang percaya. Pertama, dulu mereka bangsa yang jahat dan cemar; sekarang menjadi bangsa yang terpilih, kudus, istimewa. Kedua, dulu menjadi penyembaha-penyembah berhala; sekarang menjadi imamat yang Rajani; persekutuan para imam yang melayani Yesus sebagai Raja. Ketiga, dulu sebagai hamba dosa; sekarang menjadi umat kepunyaan Allah sendiri. Mereka bukan lagi milik mereka, tetapi milik Allah. Keempat,dulu sebagai saksi-saksi dusta; sekarang menjadi saksi-saksi kebenaran dan duta-duta Kristus. Mereka diutus untuk pergi dan memberitakan tentang perbuatan-perbuatan besar dari Allah, yakni keselamatan bagi dunia melalui Yesus Kristus. Kelima, dulu tidak dikasihani oleh Allah; sekarang beroleh belas kasihan Allah.

Menjelang istirahat tidur, mari naikkan syukur kepada Tuhan karena seluruh ucapan, pikiran, sikap dan karya tindakan kita sepanjang kehidupan di hari ini telah kita lakukan denganjati diri dan hidup kita yang baru. Lain dulu, lain sekarang. Dulu dan kemarin, kita masih manusia lama; tetapi sekarang, kini, esok dan seterusnya kita adalah manusia baru karena dipilih Allah.

GB. 50 : 2
Doa : (Tuhan Yesus ubah dan baharuilah kami seturut kehendak-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya