JUMAT, 16 NOVEMBER 2018 – Renungan Malam

14 Kali dibaca, Diterbitkan: 16 November 2018        


 

MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA

KJ.429 : 1 – Berdoa

JANGAN BOSAN MENABUR KEBAIKAN

Galatia 6:7-10
Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah (ay.9)

Bagaimana perjalanan hidup saudara satu hari ini dari pagi sampai malam hari ini? Sudahkah saudara kerjakan ajaran firman TUHAN dalam bacaan SBU di pagi hari tadi? Menolong atau membantu sesama adalah sebuah perbuatan baik yang akan menghasilkan sesuatu yang baik dalam hidup ini.

Bacaan Firman Tuhan pada malam hari ini hendak mengemukakan hal berbuat baik: “Janganlah kitajemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah”(ay.9). Firman ini hendak menjelaskan agar setiap orang jangan pernah bosan berbuat baik, sebab masa penuaian akan tiba. Oleh sebab itu, orang percaya diajak untuk terus menabur benih kebaikan.

Hal menarik disini adalah dalam hal menabur benih kebaikan, kita diajak untuk tidak berorientasi pada masa penuaian, karena jika seseorang hanya berorientasi pada masa menuai, hal itu dapat melemahkan diri, sehingga pada akhirnya berhenti untuk menabur benih kebaikan. Itulah sebabnya Rasul Paulus mengingatkan agar janganlah kitajemu-jemu menabur benih kebaikan, karena apabila sudah tiba waktunya, kita akan menuai benih kebaikan tersebut.

Ada banyak hal yang bisa membuat kita menjadi lemah dalam menabur benih kebaikan, seperti perbuatan baik kita dinilai salah oleh sesama kita, dinilai sarat kepentingan, dinilai ada maksud tertentu atau perbuatan baik kita dibalas dengan perbuatan yang tidak baik. Sekaiipun semua hal tersebut terjadi ketika kita berbuat baik, hal yang harus kita ingat adalah jangan sekali-kali berhenti menabur benih perbuatan baik, karena bukanlah dari manusia kita megharapkan balasan, sebagaimana firman Tuhan menyatakan: ” barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu…, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang.”

KJ. 429 : 3
Doa : (TUHAN, mampukan kami untuk terus menabur benih kebaikan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *