JUMAT, 18 JANUARl 2019 – Renungan Malam

24 Kali dibaca, Diterbitkan: 18 January 2019        


 

MINGGU I SESUDAH EPIFANIA

KJ 50a:1,2 – Berdoa

SEMANGAT BEKERJA DAN MELAYANI ATAS DASAR KASIH

1 Tesalonika 2:8-12
Demikianiah kami dalam kasih sayang yang besar akan kamu, bukan saja rela
membagi Injil Allah dengan kamu,…. karena kamu telah kami kasihi (ay.8).

Teks Alkitab yang kita baca malam ini, masih merupakan kelanjutan teks Alkitab yang kita baca tadi pagi. Pada ayat 8-12, Paulus mau menegaskan satu hal penting bahwa ia melakukan pelayanan pemberitaan Injil di jemaat Tesalonika berlandaskan kasih sayang yang besar kepada jemaat Tesalonika (ay.8). Oleh sebab itu, Paulus juga rekan-rekan sepelayanannya – bukan saja rela membagikan Injil Allah, tetapi juga memberikan hidupnya bagi jemaat Tesalonika. Bahkan, ia rela melakukan pekerjaan pemberitaan Injil sambil bekerja siang malam guna memenuhi kebutuhannya sendiri, supaya kehadirannya di tengah jemaat tidak menjadi beban (ay.9). Paulus menggambarkan kasih sayangnya kepada jemaat Tesalonika seperti kasih sayang seorang Bapa terhadap anak-anaknya (ay.11).

Bunda Teresa pernah mengatakan : “Tidak semua dari kita dapat melakukan hal-haI besar. Tetapi, kita dapat melakukan hal-hal kecil dengan cinta yang besar”. Malam ini ketika kita akan beristirahat, marilah kita sejenak merenungkan apakah pekerjaan dan pelayanan yang kita lakukan di sepanjang hari ini baik untuk Tuhan, keluarga, warga jemaat, masyarakat – kita lakukan berdasarkan cinta kasih yang besar kepada Tuhan, keluarga, warga jemaat, dan masyarakat yang kita layani? Ataukah kita masih melakukan semuanya semata-mata hanya berdasarkan kepentingan diri sendiri (keuntungan materi, pujian, atau nama baik)?

Saudaraku, semua pelayanan, dan pekerjaan yang kita kerjakan dan lakukan, walaupun kecil, jika Kita lakukan dan kerjakan berdasarkan cinta kasih yang besar kepada Tuhan, dan sesama, niscaya akan mendatangkan sukacita, dan damai sejahtera bagi orang yang kita layani.

KJ. 429 : 1, 3
Doa : (Ya Tuhan, ampuni kami jika segala pekerjaan dan pelayanan yang kami kerjakan hari ini, belum kami kerjakan berdasarkan cinta kasih yang besar kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *