JUMAT, 2 AGUSTUS 2019 – Renungan Pagi

41 Kali dibaca, Diterbitkan: 2 August 2019        


 

MINGGU VII SESUDAH PENTAKOSTA

GB.219 : 1,2 – Berdoa

MERENDAHKAN DIRI, MENINGGIKAN ORANG LAIN

2 Korintus 11; 1-11

Apakah aku berbuat salah, Jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kamu karena aku memberitakan Injil Allah kepada kamu dengan cuma-cuma. (ay.15)

Merendahkan diri sendiri untuk meninggikan orang lain bukan hal mudah untuk dilakukan. Setiap orang memiliki sifat umum, yakni ingin dipuji dan ditinggikan oleh orang lain. Banyak cara dilakukan untuk meninggikan diri; positif dan negatif. Cara positif jika orang berusaha untuk mengembangkan talenta, karunia dan berbagai potensi serta keahlian yang dimiliki untuk menghasil-kan karya karya besar dalam hidup dan memperkaya orang lain. Orang lain akan memuji dan meninggikan dirinya; bukan mulut-nya sendiri. Bahkan Tuhan akan memuji dan meninggikannya. Cara negatif jika orang malas mengembangkan talenta dan karunia yang Tuhan berikan. Tidak ada karya yang dihasilkan. Ia merasa iri dan tersaingi dengan orang yang telah berhasil. Ia berusaha mencari kelemahan dan kesalahan orang lain untuk merendahkannya.

Paulus menjadi korban karena dianggap bodoh oleh orang-orang yang menganggap diri rasul-rasul yang pintar. Mereka berusaha memengaruhi jemaat dan menuduh pelayanan Paulus bermotif mencari keuntungan pribadi. Terhadap tuduhan tersebut, Paulus meminta jemaat untuk sabar. Paulus mengatakan terus terang bahwa ia mungkin bodoh dalam hal berkata-kata, tetapi tidak dalam hal pengetahuan. Saat memberitakan Injil di Korintus, ia melakukannya demi kepentingan jemaat; bukan kepentingan dirinya. Ia menerima tunjangan dari jemaat lain agar dapat memberitakan Injil dengan cuma-cuma. Ia juga tidak menyusahkan seorang pun ketika mengalami kekurangan dalam jemaat. Jelas, bahwa Paulus berusaha merendahkan diri terhadap orang-orang yang menuduhnya, supaya jemaat ditinggikan.

Mari kembangkan talenta, karunia, potensi dan keahlian yang Tuhan telah karuniakan untuk menghasilkan karya-layan ber-kualitas di hari ini. Tetaplah rendahkan diri, meski dihina. agar orang lain ditinggikan. Yakinlah, Tuhan akan meninggikan kita.

GB. 219 : 2,3
Doa : (Tuhan, tolong kami untuk rendahkan diri agar orang lain ditinggikan)

AF/SGRS


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *