Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat, 22 Desember 2017 – Renungan Malam

 

MINGGU ADVEN III
JUMAT, 22 DESEMBER 2017

Renungan Malam

PERUBAHAN AJAIB

Yesaya 65:15-16
“Tetapi hamba-hamba-Ku akan disebut dengan nama lain” (ay.15b)

Sebuah ungkapan yang sering diucapkan: Apalah arti sebuah nama. Banyak yang memberi nama tidak dilandasi oleh makna. Asal top atau menarik untuk didengar. Atau agar mudah dikenang. Bagi bangsa Israel, nama bukan sekadar untuk menyebut seseorang. Orang tua memberi nama untuk anaknya tidak pernah tanpa kaitan dengan Tuhan yang mereka percayai, keturunannya dan bangsanya. Maka apabila nama diganti tanpa kaitan dengan Tuhan, keluarga dan bangsa, bagi Israel, hal itu sama dengan memutus hubungan dengan Tuhan, keluarga dan bangsa. Kita ingat nama Daniel dan kawan-kawannya diganti oleh raja Babel untuk memutus kaitan mereka dengan Tuhan bangsa Israel, keluarga dan bangsa Israel.

Dalam masa pembuangan, bangsa Israel ditindas. Nama mereka diganti dengan nama yang ada hubungan dengan dewa yang disembah Babel. Dengan demikian Tuhan tidak diingat lagi, keluarga terputus dan bangsa dilupakan. Makin lama Tuhan ditinggalkan, kekeluargaan dan kebangsaan Israel punah. Usaha Babel menjauhkan umat Israel dari Tuhannya tidak dibiarkan Tuhan. Jawaban Tuhan melalui Nabi Yesaya, Tuhan akan memberi nama baru bagi umat-Nya. Tuhan akan merubah semuanya secara ajaib. Umat yang terseret meninggalkan Allah diperbaharui hatinya dan kembali kepada Tuhan. Nama Tuhan diagungkan kembali oleh umat-Nya. Semua persoalan dan kegagalan umat dilupakan Tuhan. Tuhan akan melakukan perubahan secara ajaib.

Kita juga mungkin mengalami nama kita dicela atau difitnah agar nama baik kita hancur, karya kita berantakan, usaha kita gagal, keluarga kita kacau dan iman kita lemah. Nantikanlah Tuhan datang menolongmu. Dia yang sanggup membuat yang hancur utuh kembali, yang pahit manis kembali, yang lemah kuat kembali. Bersandar kepada Tuhan Yesus.


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya