Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat, 22 Desember 2017 – Renungan Pagi

 

MINGGU ADVEN III
JUMAT, 22 DESEMBER 2017

Renungan Pagi

SUKACITA ATAU DUKACITA

Yesaya 65:13-14
“…hamba-hamba-Ku akan bersukacita, tetapi kamu akan mendapat malu” (ay.13d)

Di dalam hidup ini, selalu ada 2 hal yang berdampingan tetapi bertentangan atau berbeda. Ada yang putih, ada yang hitam; ada yang besar, ada yang kecil; ada yang dekat, ada yang jauh; ada yang tinggi, ada yang rendah; ada sukacita, ada dukacita; ada yang setia, ada yang tidak setia; dan lain-lain. Kita berhak memilih. Biasanya selalu ingin memilih yang baik untuk hidup kita. Namun demikian, hasilnya atau yang akan kita alami adalah ditentukan oleh apa yang kita lakukan. Apa yang ditanam orang itulah yang dituainya.

Bacaan kita melalui Nabi Yesaya membuka jawaban Tuhan atas apa yang dilakukan oleh umat-Nya dan bangsa-bangsa sekitar Israel. Tuhan mengatakan dengan Firman bahwa:

  • Umat-Nya, hamba-hamba-Nya yang setia akan cukup makanan sedangkan bangsa atau orang yang jahat akan kelaparan.
  • Umatnya, hamba-hamba-Nya yang setia tidak pernah dibiarkan kehausan sedangkan bangsa atau orang yang jahat akan menderita kehausan.
  • Umatnya, hamba-hamba-Nya yang setia hidup bersukacita sedangkan bangsa atau orang yang jahat akan mendapat malu sehingga berdukacita.
  • Umatnya, hamba-hamba-Nya yang setia kepada Tuhan membuat hatinya gembira sedangkan orang yang jahat mengerang karena selalu ditimpa kesedihan.

Sebelum memasuki kegiatan hari ini, Nabi Yesaya menghadapkan Firman Tuhan ini kepada kita. Adalah suatu keinginan dan harapan bahwa Tuhan menyertai serta menolong kita. Dalam doa kita selalu memohon agar Tuhan memberi kita sukacita dan dijauhkan dari pencobaan dan dukacita. Pilihan ada pada kita. Melakukan tugas dan penggilan hidup dengan setia, sukacita akan dialami dan nikmat. Apabila melakukan yang jahat maka dukacita dan derita yang akan dialami.


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya