JUMAT, 4 JANUARI 2019 – Renungan Malam

8 Kali dibaca, Diterbitkan: 4 January 2019        


 

TAHUN BARU

GB.261:1 – Berdoa

KEADAAN BERBALIK

Mazmur 107:33-38
Diberkati-Nya mereka sehingga mereka bertambah banyak dengan sangat, dan hewan-hewan mereka tidak dibuat-Nya berkurang (ay.38).

Seorang pemuda kampung di wilayah Pelkes GPIB pernah mendapat sebuah intan dari hasil mendulang di sungai. Intan itu dibeli oieh seorang pebisnis batu permata dengan harga tinggi, ratusan juta rupiah. Keadaan hidup si pemuda yang tadinya berkekurangan tiba-tiba berbalik menjadi berkelimpahan. Namun tak lama kemudian keadaan itu berbalik lagi, Karena hari-harinya diisi dengan foya-foya bersama teman-temannya. Hanya tersisa sebuah motor bekas yang ia beli dengan sisa uangnya. Ia tidak bersyukur atas berkat Tuhan yang diterimanya, sehingga semua berlalu begitu saja.

Tuhan tentu melihat keadaan hidup anak-anak-Nya. Dari takhta-Nya yang mahatinggi, ia turut campur tangan membalikkan keadaan ciptaan-Nya. Pemazmur menyaksikan hal itu. Keadaan tersebut dapat terjadi seperti sungai dan pancaran air yang berubah menjadi padang gurun dan tanah gersang, tanah subur menjadi padang asin (ay.33-34). Keadaan itu dapat berbalik lagi seperti semula, bahkan Ia tempatkan orang-orang yang tadinya lapar atau berkekurangan ke tanah yang subur dan menghasilkan banyak buah (ay.35-37). Orang-orang yang diberkati Tuhan dan selalu bersyukur kepada-Nya tidak akan berkekurangan, bahkan bertambah-tambah dalam banyak hal baik (ay.38).

Sebagai makhluk yang dalam kendali Tuhan, manusia harus terus mengandalkan Allah agar keadaan hidupnya diberkati dan dapat berbalik menjadi lebih baik. Tentu dengan mengandalkan Tuhan tidak serta merta ada jaminan bahwa hidup ini akan terus berjalan lurus dan berkelimpahan, tanpa ombak yang menerjang. Jaminannya terletak pada kuasa Tuhan yang dapat membalikkan segala keadaan hidup kita, disaat tenggelam dalam ‘lautan air mata‘ maupun ‘berjalan di atas angin.‘ Jadi, disaat kerja maupun istirahat, selalu andalkanlah Dia dalam hidup Saudara (lih.Yer.17:7).

GB.261 ; 2
Doa : (Ya, Allah, Maha penyayang, buatlah kami selalu mengandalkan-Mu dalam perjalanan hidup yang dapat berubah-ubah situasinya. Kami percaya bahwa dengan segala kuasa-Mu kami dapat merasakan hidup yang indah dan bermakna di segala kondisi kehidupan yang harus kami alami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *