Jumat, 8 Desember 2017 – Renungan Malam

144 Kali dibaca, Diterbitkan: 8 December 2017        


MINGGU ADVEN I
JUMAT, 8 DESEMBER 2017

Renungan Malam
GB.6 : 1 – Berdoa

MEMANG ENAK JADI ORANG BENAR?

Maleakhi 3:16-18
Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Ku-siapkan. (ay.15)

Hidup sebagai orang benar berarti sungguh-sungguh bersandar pada pengajaran firman Tuhan yang dinyatakan dalam keteguhan iman bersama Tuhan dan kesediaan untuk membawa kesaksian yang baik dalam hidup sehari-hari. Kalimat ini sepertinya mudah untuk diucapkan, namun pada kenyataannya sangat berat dijalani. Dibenci, dihina, disakiti secara fisik, bahkan dibunuh menjadi resiko yang bisa terjadi karena berani mengambil pilihan yang berbeda dari kebanyakan orang lain. Jika melihat resiko yang dihadapi orang benar, maka wajar tidak banyak orang mau menjalaninya dan memilih bermain aman dalam hidupnya.

Ketidakberanian untuk hidup sebagai orang benar itulah yang dijalani orang-orang Israel di Yerusalem. Mereka merasa lebih nyaman hidup sebagai orang berdosa. Namun nabi Maleakhi mengingatkan bahwa itu bukan hal yang dikehendaki Tuhan. Tuhan ingin mereka hidup dalam kebenaran sesuai dengan firman-Nya. Apabila mereka mau hidup sebagai orang benar dalam Tuhan, maka nabi Maleakhi menyatakan Tuhan akan mengingat mereka sebagai milik kepunyaan-Nya yang akan dikasihi senantiasa.

Di sini orang-orang Israel di Yerusalem diingatkan bahwa mereka tidak dapat hidup sebagai orang berdosa, namun menyebut diri sebagai umat Tuhan. Jika mereka adalah umat Tuhan, maka seharusnya mereka mampu membuktikan dalam sikap hidup orang benar. Perkataan nabi Maleakhi ini seharusnya juga memotivasi kita untuk tidak setengah-setengah dalam menjalani hidup sebagai umat Tuhan. Mari hidup sebagai orang benar dengan sepenuh hati karena itulah panggilan Tuhan yang kita terima saat Ia datang menebus dosa kita.

GB.6 : 2
Doa : (Tuhan, kuserahkan hidupku untuk menjadi bagian dari milik-Mu agar kebenaran-Mu nyata melalui hidupku)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *