Kamis, 19 Oktober 2017 – Renungan Pagi

150 Kali dibaca, Diterbitkan: 19 October 2017        


MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 19 OKTOBER 2017
Renungan Pagi
KJ.60 : 1,2 -Berdoa
ALLAH PENGUASA ALAM SEMESTA

Mazmur 104:1-18
Pujilah TUHAN, hai jiwakul TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak, (ay.1)

Ketika kita melihat alam semesta di sekitar kita dengan segala isinya, maka muncul kekaguman yang luar bisa. Ada pagi dan ada malam. Ada matahari dan ada bulan- bintang yang muncul sesuai dengan waktunya. Musim silih berganti, ada musim panas atau musim penghujan. Semua teratur dan rapi, tanpa campur tangan manusia. Tentu bagi orang yang tidak percaya kepada Allah, akan mengatakan,bahwa itu harus terjadi karena siklus yang harus berjalan secara alami. Bagi kita, umat-Nya berbeda, dan tentunya muncul pertanyaan selanjutnya adalah, siapa yang membuatnya? Allah, pastinya.

Begitu juga dengan pemazmur, sudah melihat dan mengalami segala sesuatu dengan kagum dan mengatakan Allah yang membuat semuanya. Karenanya ia memuji Allah karena perbuatan-Nya yang menyebabkan segenap alam berjalan teratur menuruti ekosistem yang rumit, namun tepat dan serasi. Selain
itu,mazmur mengingatkan bahwa karya penyelamatan Allah tidak bisa dipisahkan dari karya penciptaan Allah tentang alam semesta. Demikian juga tentang karya penyelamatan Allah untuk umat-Nya dengan kasih setia untuk selama-lamanya, harus dilihat dalam rangka Allah ingin memakai umat-Nya, umat yang telah mengalami kasih setia Allah untuk memelihara keutuhan segenap ciptaan-Nyamenjaga dan memeliharanya.

Keindahan dan kemegahan alam adalah tanda dari keagungan diri Allah. Keteraturan secara baik dan teratur di alam adalah pernyataan dari kuasa dan kebaikan Allah. Seluruh alam semesta ini adalah buatan tangan Allah sendiri yang menjadi bait kudus bagi-Nya. Pemahaman ini menghasilkan pemahaman yang
benar, bahwa di tangan Allah seluruh alam semesta dari tubir terdalam sampai langit tertinggi terpelihara teguh. Pujilah Tuhan yang menjadikan segala sesuatu yang diberikan-Nya untuk kita dan bersyukurlah.

KJ.60: 3
Doa : (Allah sang Pencipta menjadikan langit dan bumi, jadikan kami memelihara alam ciptaan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *