Kamis 20 Agustus 2020 – Renungan Malam

18 Kali dibaca, Diterbitkan: 20 August 2020        


MINGGU Xl SES. PENTAKOSTA


GB.364 – Berdoa

Kisah Para Rasul 11 : 11 – 18

Mendengarkan Dan Menemukan Kebenaran

Mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan menaruh perhatian penuh sangat membantu kita menemukan kebenaran. Bekal itu dapat menuntun kita untuk mempertanggungjawabkan hidup di hadapan banyak orang. Demikian halnya dengan kesediaan mendengarkan sabda Tuhan yang berisi ajaran dan janji-janji-Nya, akan memampukan kita menemukan kebenaran-Nya dan teguh melakukan kehendak-Nya.

Hal itu sebagaimana yang dialami Petrus. Setelah menjelaskan pengalamannya, Petrus kemudian menghubungkan antara apa yang dia ingat dari perkataan Tuhan Yesus dan yang orang-orang percaya alami sebagai murid Kristus, yaitu bahwa Roh kudus turun atas mereka dan bangsa-bangsa lain. Allah memberi karunia-Nya kepada semua orang atau bangsa-bangsa lain. ltu sungguh dibuktikan Petrus dalam kesaksiannya. Kesaksiannya begitu kuat berisi bukti nyata dan kesejajarannya dengan perkataan Firman Tuhan yang kembali diperdengarkan Petrus. Dampak dari kenyataan itu membuat orang-orang di Yerusalem memuji Allah dan mengakui bahwa kepada bangsa-bangsa lain Allah juga mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup. Karya dan rancangan Allah tak dapat dibatasi dan dikurung oleh manusia. Kasih-Nya luas tanpa batas.

Di negeri ini, melalui penghayatan kesadaran tentang Pancasila, kita ditolong terhubung satu sama Iain, sehingga dapat hidup rukun, bergotong royong dan sama-sama mewujudkan keadilan dan kebenaran serta damai sejahtera. Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Itu terjadi karena kita percaya satu Tuhan yang Esa. Tuhan yang mempersatukan dan memberkati kita di bumi ini, Mari memuliakan Tuhan dengan upaya menjaga persatuan, mendukung usaha-usaha kemanusiaan dan menjunjung tinggi keadilan sosial. Selamat malam. Tuhan Yesus memberkati.


GB. 366 :  1, 2
Doa : (Terima kasih Tuhan, atas karunia untuk menyadari bahwa Engkau mengasihi dan memimpin kami kepada hidup yang sesungguhnya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *