Kamis, 21 FEBRUARI 2019 – Renungan Pagi

143 Kali dibaca, Diterbitkan: 21 February 2019        



 

MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA

PagiGB.347:1 – Berdoa

WARISAN PERSAHABATAN

1 Raja-raja 5:1-12
Dan TUHAN memberikan hikmat kepada Salomo seperti yang dijanjikan-Nya kepadanya ..  (ay.12a).

Persahabatan bisa tumbuh dari pribadi, keluarga, kelompok, kampung bahkan negara. Saling mernengaruhi. Artinya begini :
Dua sahabat, keluarga, kampung bahkan negara yang pada awalnya bersahabat mendadak bisa berubah menjadi saling menyerang dan mencekal. Bisa juga sebaliknya. Amat mengejutkan, ketika tercetus konflik membara antara sahabat, keluarga, kelompok kampung Muslim dan Kristen di Maluku. Betapa tidak! Mereka yang pada awalnya intim bersahabat dan saling membantu, mendadak berubah menjadi musuh sadis yang saling mencederai rujukan konflik yang begini mengakibatkan sikap bersahabat punah oleh permusuhan yang sia-sia.

Raja Hiram dari Tirus dan Daud raja Israel tampil sebagai dua sosok teladan yang mengikat erat tali persahabatan, yang kemudian diwariskan kepada raja Salomo, anak Daud. Persahabatan tokoh-tokoh ini berhasil memperluas bingkai persahabatan antar kerajaan yang saling menguntungkan baik pembangunan fisik maupun martabat bangsa.

Salomo membangun rumah Allah  dibantu raja Hiram sebagai dasar memperbaiki karakter persahabatan bangsa. Hal ini yang telah dikembangkan melalui persahabatan “pela gandong” bertahun-tahun antar kampung Muslim dan Kristen di Maluku. Mengapa pewarisan peradaban positip antar umat beragama yang demikian ini harus dirusakkan oleh intervensi provokator perusak kenyamanan agama? Tugas kita dewasa ini bukan merusak, tapi membina dan merawat persaudaraan semesta!. Hidup dalam persahabatan jauh lebih indah daripada hidup dalam permusuhan!.

GB.347 : 2
Doa : (Tolonglah kami Tuhan menghindari perseteruan dan membangun persahabatan langgeng demi kemanusiaan kami dan kemuliaan nama Tuhan).


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *