KAMIS, 21 MARET 2019 – Renungan Malam

24 Kali dibaca, Diterbitkan: 21 March 2019        


 

MINGGU PRAPASKAH

KJ. 403:1,2 – Berdoa

BERKAT TUHAN CUKUP

Imamat 25:18-22
Aku akan memerintahkan berkat-Ku kepadamu sehingga hasil panenmu akan cukup untuk 3 tahun.” (ay.21)

Perubahan iklim di Indonesia pada tahun 2010 berdampak pada gagal panen di berbagai daerah. Banyak daerah mengalami krisis pangan. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan petani terkait dengan pemenuhan kebutuhan pangan mereka. Kekhawatiran terus berlanjut bahwa jika situasi ini terus terjadi maka anak cucu Indonesia akan mengalami krisis pangan. Bayangkan saja, baru hasil panen berkurang saja orang sudah begitu khawatir, bagaimana kalau selama setahun tidak boleh menanam atau menuai seperti Israel?

Perasaan khawatir bahwa apakah persediaan makanan yang ada cukup baginya dan keluarganya juga dimiliki Israel ketika mereka diminta untuk selama setahun tidak menanam. Tuhan tahu apa yang ada di pikiran umat. Mereka mungkin khawatir memikirkan aturan Tuhan bahwa mereka tidak boleh menanam selama setahun. Kami makan apa kalau kami tidak boleh menanam atau menuai pada tahun ketujuh (ay. 20)?. Tuhan membuat aturan tidak boleh menanam selama setahun, tetapi Dia menyediakan berkat yang cukup untuk 3 tahun bagi umat selama masa tidak menanam (ay.21). Aturan itu dibuat dengan tujuan agar umat hidup bergantung pada Tuhannya. Karena itu Dia meminta umat untuk melakukan peraturan-peraturan-Nya dan memelihara hukum-hukum-Nya agar mereka hidup di negerinya dengan aman (ay.18). Semua ini menunjukkan bahwa Tuhan-lah pemberi hidup dan sumber berkat.

Firman Tuhan ini mengingatkan kita bahwa Allah selalu peduli dengan apa yang kita butuhkan dalam hidup ini. Jangan kita hanya bisa bernyanyi: “Allah mengerti, Allah peduli segala persoalan yang kita hadapi. Tak akan pernah di biarkannya kubergumul sendiri sebab Allah mengerti.”. Tetapi dalam kehidupan, kita begitu khawatir ketika kita kekurangan makanan. Firman Tuhan ini mengingatkan bahwa Allah tidak akan membiarkan umat-Nya kelaparan. Dia punya cara untuk mencukupkan kita dengan apa yang kita butuhkan.

KJ. 403:4
Doa : (Kristus, mampukan kami untuk berserah dan percaya bahwa Engkau akan mencukupkan kami dengan apa yang kami butuhkan).


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *