Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

KAMIS, 21 MARET 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU PRAPASKAH

KJ. 403:1,2 – Berdoa

BERKAT TUHAN CUKUP

Imamat 25:18-22
Aku akan memerintahkan berkat-Ku kepadamu sehingga hasil panenmu akan cukup untuk 3 tahun.” (ay.21)

Perubahan iklim di Indonesia pada tahun 2010 berdampak pada gagal panen di berbagai daerah. Banyak daerah mengalami krisis pangan. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan petani terkait dengan pemenuhan kebutuhan pangan mereka. Kekhawatiran terus berlanjut bahwa jika situasi ini terus terjadi maka anak cucu Indonesia akan mengalami krisis pangan. Bayangkan saja, baru hasil panen berkurang saja orang sudah begitu khawatir, bagaimana kalau selama setahun tidak boleh menanam atau menuai seperti Israel?

Perasaan khawatir bahwa apakah persediaan makanan yang ada cukup baginya dan keluarganya juga dimiliki Israel ketika mereka diminta untuk selama setahun tidak menanam. Tuhan tahu apa yang ada di pikiran umat. Mereka mungkin khawatir memikirkan aturan Tuhan bahwa mereka tidak boleh menanam selama setahun. Kami makan apa kalau kami tidak boleh menanam atau menuai pada tahun ketujuh (ay. 20)?. Tuhan membuat aturan tidak boleh menanam selama setahun, tetapi Dia menyediakan berkat yang cukup untuk 3 tahun bagi umat selama masa tidak menanam (ay.21). Aturan itu dibuat dengan tujuan agar umat hidup bergantung pada Tuhannya. Karena itu Dia meminta umat untuk melakukan peraturan-peraturan-Nya dan memelihara hukum-hukum-Nya agar mereka hidup di negerinya dengan aman (ay.18). Semua ini menunjukkan bahwa Tuhan-lah pemberi hidup dan sumber berkat.

Firman Tuhan ini mengingatkan kita bahwa Allah selalu peduli dengan apa yang kita butuhkan dalam hidup ini. Jangan kita hanya bisa bernyanyi: “Allah mengerti, Allah peduli segala persoalan yang kita hadapi. Tak akan pernah di biarkannya kubergumul sendiri sebab Allah mengerti.”. Tetapi dalam kehidupan, kita begitu khawatir ketika kita kekurangan makanan. Firman Tuhan ini mengingatkan bahwa Allah tidak akan membiarkan umat-Nya kelaparan. Dia punya cara untuk mencukupkan kita dengan apa yang kita butuhkan.

KJ. 403:4
Doa : (Kristus, mampukan kami untuk berserah dan percaya bahwa Engkau akan mencukupkan kami dengan apa yang kami butuhkan).


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya