Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

KAMIS, 22 NOVEMBER 2018 – Renungan Malam

 

MINGGU XXV SESUDAH PENTAKOSTA

GB.71 : 1 – Berdoa

TUHAN ADA DI MASA DEPAN

Yoel 3 : 17 – 21
“…maka kamu akan mengetahui…” (ay.17)

Kitab Yoel diawali dengan berita tentang bencana tulah belalang yang akan datang namun kitab ini diakhiri dengan gambaran masa depan yang indah. Tulah belalang menghabiskan semuanya lalu dipertentangkan dengan kehidupan yang sebagaimana seharusnya yaitu gunung akan menghasilkan anggur baru, bukit akan mengalirkan susu, mata air akan membasahi tanah. Masa depan harus dilihat secara baik. Jika melihatnya melulu ketakutan maka kehancuran yang akan datang. Jika melihat masa depan dengan sisi yang lain yaitu kehidupan yang diberkati maka kita dapat bersyukur.

Allah memperlihatkan kedua model masa depan kepada bangsa Israel. Jika bertobat mereka akan melihat Yerusalem atau Yehuda sebagai tempat yang diberkati tetapi jika mereka tidak bertobat maka mereka akan melihat Yerusalem atau Yehuda yang dihancurkan oleh Tuhan. Masa depan sudah diperlihatkan kepada mereka. Karena itu dalam ayat 17, Allah menegaskan bahwa bangsa ini pada akhirnya akan tahu bahwa Tuhan adalah Allah. Masa depan yang baik hanya menjadi mungkin ketika kita berjalan bersama dengan Tuhan yang membimbing, menuntun dan melindungi.

Begitulah cara Tuhan membimbing kita. Percayakan semuanya kepada Tuhan, maka Ia akan membuat kita semakin mengenal-Nya bahwa Ia mengasihi kita. Jika kita hidup bertentangan dengan kehendak-Nya maka kita akan berhadapan dengan masa depan yang kelam. Dalam persekutuan dengan Tuhan Yesus, dinyatakan jelas bahwa hidup kita berkelimpahan. Allah konsisten dalam kasih-Nya dari masa ke masa sampai hari ini.

GB.71 : 3
Doa : (Bimbinglah kami agar di masa depan kami semakin mengenal Engkau sebagai Allah yang mengasihi dan memberkati kami)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya