KAMIS, 28 JUNI 2018 – Renungan Pagi

55 Kali dibaca, Diterbitkan: 28 June 2018        


 

KAMIS, 28 JUNI 2018
Renungan Pagi

GB 273:1 -Berdoa

MENGELOLA MASALAH DENGAN BIJAK DAN BERBUDI

Kisah Para Rasul 6:1-7
“Karena itu, Saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat. supaya kami mengangkat mereka untuk ‘tugas itu,” {ay.3)

“Semakin dibabat semakin merambat”, merupakan ungkapan yang dapat ditujukan bagi jemaat mula-mula. Tekanan dari Mahkamah Agama Yahudi, tidak menghambat perluasan jemaat. Namun, jumlah jemaat yang semakin bertambah justru mendatangkan persoalan baru yang datang dari dalam jemaat itu sendiri. Pembagian santunan bagi para janda tidak merata kepada orang Yahudi berbahasa Yunani. lnilah yang kemudian memunculkan sungut-sungut dan rasa tidak puas mereka. Pada dasarnya, persoalan ini muncul karena gereja belum memakai organisasi formal dan pembagian jabatan selain para Rasul. Para Rasul mencoba menyelesaikan masalah ini dengan bijak.

Para Rasul tidak bisa meninggalkan pelayanan Firman yang menjadi tugas utama mereka, tetapi juga tidak ingin pelayanan meja terbengkalai. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, para Rasul mengusulkan pengangkatan tujuh orang diaken yang bertugas khusus melayani meja. Usul ini disambut baik oleh jemaat. Keputusan untuk menambah jumlah pelayan dan membuat pembagian tugas palayanan, dapat menyelesaikan permasalahan pelayanan meja yang dihadapi. Firman Tuhan semakin tersebar oleh para Rasul dan pekerjaan Tuhan semakin berkembang. lni dibuktikan dengan jumlah murid (orang percaya) yang makin bertamban di Yarusalem.

Sebagaimana gereja mula-mula, gereja masa kini pun seringkali menghadapi barbagai persoalan dalam pelayanan. Belajar dari para Rasul, gereja masa kini diajak untuk mampu mengelola setiap persoalan dalam pelayanan dengan bijak dan berbudi. Pembagian jabatan yang dimiliki dalam gereja masa kini, seharusnya semakin memudahkan pelayanan-pelayanan yang ada dalam gereja. Para pelayan diajak untuk melaksanakan tugas pelayanannya dengan segenap hal dan penuh tanggungjawab, supaya narna Tuhan semakin dimuliakan dan pekerjaan pelayanan-Nya semakin dirasakan di dunia.

GB 273:3
Doa : (Ya Tuhan, pimpinlah kami dengan Roh hikmat ketika ada masalah dalam kehidupan kami, supaya kami tetap waspada dan bijak mencari jalan keluar dari masalah yang kami hadapi)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *