Kamis 3 September 2020 – Renungan Pagi

19 Kali dibaca, Diterbitkan: 2 September 2020        


MINGGU XIII SES. PENTAKOSTA

KJ.426 : 1 – Berdoa

Kidung Agung 3 : 6-11

Sukacita Bagi Banyak Orang

Kehadiran dalam sebuah ibadah pemberkatan perkawinan dan resepsi perkawinan sesungguhnya memiliki makna penting selain memenuhi undangan mempelai. Salah satunya yaitu ada sukacita dan kebahagiaan yang dicurahkan dan melingkupi perayaan tersebut, baik bagi kedua mempelai maupun bagi semua orang yang hadir. Kebahagiaan ini menjadi kekuatan sekaligus semangat mulia mengantarkan kedua mempelai melangkah dalam kehidupan baru yang menjadi pilihan mereka. Jadi siapakah yang berbahagia? Ternyata dalam pesta perkawinan kebahagiaan dicurahkan kepada semua orang, yang dimulai sejak kekuatan cinta yang mempertemukan kedua mempelai. Berasal dari manakah kebahagiaan itu? Tentu saja kasih karunia Allah yang memberkati kedua mempelai itulah sumber dan landasan kebahagiaan.

Kitab Kidung Agung yang kita baca hari ini, menunjukkan bahwa kebahagiaan itu tidak hanya dialami oleh raja Salomo. Kebahagiaan, sukacita dan semangatjuga dialami oleh umat Israel yang ada di Yerusalem. Seluruh rakyat akan ikut bersukacita dan bahagia ketika melihat raja Salomo diiringi oleh para pengiring di hari perkawinannya. Kebahagiaan dirasakan oleh semua orang karena perkawinan dilakukan dengan cara yang benar. Kita mengingat bagaimana Yohanes menegur raja Herodes Antipas yang menikahi istri saudaranya (Luk. 3:21).

Perbuatan Herodes mungkin saja menyenangkan dirinya, tapi bagi komunitas beriman perbuatannya membawa kegelisahan, merusak semangat dan melanggar hukum Yahudi. Karena itu marilah kita mempersiapkan segala rencana perkawinan kita sebaik-baiknya. Sebab ada rencana Tuhan yang hendak diwujudkan melalui setiap perkawinan yaitu menghadirkan sukacita dan kebahagiaan bagi umat manusia. Selamat mempersiapkan perkawinan dengan baik dan benar.

KJ. 426 : 2
Doa : (Tuhan Yesus Juruselamat kami, tuntun umat-Mu agar dapat mempersiapkan dan melaksanakan perkawinan dengan baik dan benar, serta menghadirkan sukacita bagi banyak orang)


Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *