KAMIS, 30 AGUSTUS 2018 – Renungan Malam

14 Kali dibaca, Diterbitkan: 30 August 2018        


 

KAMIS, 30 AGUSTUS 2018
Renungan Malam

GB.68 : 1 – Berdoa

JANGAN MENGELUH

Yakobus 5:9-11
Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempermasalahkan,…(ay. 9)

Surat yang ditujukan kepada 12 suku di perantauan (Yak 1:1) yang berisikan nasihat agar dalam penderitaan mereka tetap harus bersabar. Karena Tuhan yang mereka imani adalah Tuhan yang
berdaulat atas alam semesta. Oleh karena itu mereka jangan bersungut-sungut dan jangan saling menyalahkan satu dengan yang lain apalagi saling menghakimi (ay.9) juga bersabar karena waktu Tuhan yang terbaik untuk membawa mereka keluar dari penderitaan, ada teladan yang diberikan oleh utusan-utusan Tuhan sebelumnya (ay.10), karena penderitaan itu juga tidak akan melebihi kemampuan mereka. ?

Memang bukan hal yang mudah, tetapi sekali lagi Yakobus menasihati mereka untuk terus belajar dengan tekun dalam situasi seperti itu, karena Ayub juga mengalami hal yang sama dan ia tetap sabar, teguh dan tetap bertekun dalam imannya yang pada akhirnya membuahkan upah yang disediakan Tuhan baginya juga bagi mereka yang tetap setia pada-Nya.

Bagaimana dengan kita saat ini?, jujur tidak ada di antara kita yang mau hidup dalam penderitaan. Akan tetapi hidup ini adalah perjuangan, yang di dalamnya tidak sedikit persoalan yang juga membuat kita menderita baik dari luar maupun dari dalam diri.
Nasihat ini juga berlaku bagi kita, khususnya kita selaku umat-Nya di zaman now ini. Hadapi hidup yang penuh tantangan “jangan bersungut-sungut dan jangan saling mempermasalahkan, supaya kamu jangan dihukum”, ingat karena dahulu Tuhan menghukum bangsa Israel karena mereka juga melakukan hal ini (1 Kor 10 :6,10). Mawas dirilah dan belajarlah untuk mengendalikan diri agar tidak jatuh ke dalam pencobaan, karena Tuhan mengetahui apa yang sedang kita alami.

GB.68 : 2
Doa : ( Tuhan Yesus, tuntunku untuk tetap berjalan pada jalan-Mu dengan tetap bersyukur, dan memuji nama-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *