Kamis 31 Juli 2020 – Renungan Pagi

9 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 August 2020        


Minggu VIII Sesudah Pentakosta

KJ 389:1,2 -Berdoa



Tanpa Bersusah-Susah

Yosua 24 : 1-13



Yosua mengumpulkan segenap orang Israel dl Sikhem. Di tempat itu Yosua menyampaikan pidato perpisahannya. Ia mengawali pidatonya dengan menceritakan riwayat panggllan dan pengutusan Abraham, leluhur orang Israel.

Abraham yang berasal dari keturunan Terah sama sekali tidak mengenal Allah Israel. Namun atas rencana-Nya, Allah memiliki Abraham dan keturunannya untuk menjadi umat pilihan-Nya. Mereka diutus untuk memperkenalkan nama-Nya dan kemuliaan kuasa-Nya kepada bangsa-bangsa. Dalam pemilihan itu, Allah pun memberikan tanah pusaka, yakni Kanaan untuk menjadi kediaman mereka, yang akhirnya dapat mereka diami setelah keluar dan tanah Mesir. Dalam karya panggllan dan pengutusan Allah kepada Abraham dan leluhur bangsa Israel, Allah telah memperlihatkan seluruh kemuliaan dan keajaiban-Nya bahkan mengubah kutuk menjadi berkat (ay 9,10). Akhirnya. mereka menduduki tanah perjanjian itu. lvlereka memperoleh segala kelimpahan anugerah baik berupa kelepasan dari perbudakan, dari tantangan musuh maupun negeri yang subur berlimpah susu dan madunya hanya karena Tuhan Allah sendiri. Tanpa bersusah-susah mereka berhasil dan beruntung.

Tanpa bersusah-susah maksudnya bukan karena usaha kuat dari bangsa Israel maka mereka mendapatkan kelimpahan melainkan karena Tuhan Allah yang berkarya besar. Firman Tuhan mengajarkan bahwa di tiap waktu dan tempat, Dia selalu bekerja bagi kita. Tuhan membuat kita merasakan kelimpahan berkat-Nya Kita diijinkan-Nya menikmati perbuatan tangan-Nya supaya kita mengandalkan Dia. Jangan sampai klta menjadi angkuh dan merasa semua kelimpahan adalah karena kehebatan diri sendiri. Baiklah klta menyadari dan mengakui bahwa seluruh kenikmatan hidup yang kita alami dan keberhasilan cita-cita yang diraih adalah anugerah-Nya semata. Sekalipun ada pergumulan yang sedang dihadapi, Tuhan tetap bekerja dengan menolong dan memberikan solusi bagi kita. Amin.


KJ.389 : 3,4
Doa : (Ya Allah, kami barsyukur pada-Mu karena Engkau telah berbuat banyak dalam hidup kami. Amin)





Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *