KAMIS, 6 SEPTEMBER 2018 – Renungan Malam

14 Kali dibaca, Diterbitkan: 6 September 2018        


 

KJ.63 : 1 – Berdoa

KUASA ALLAH NYATA ATAS ALAM CIPTAANNYA

Habakuk 3 :6 – 8
Ia berdiri, maka bumi dibuat-Nya bergoyang…. (ay.6)

Pekerjaan-pekerjaan Tuhan yang ajaib di masa lalu bukan hanya terkait dengan peristiwa keluarnya Israel dari perbudakan Mesir, tetapi terjadi di seluruh sejarah Israel. Berrefleksi atas sejarah dimasa lalu, Habakuk memahami bahwa Tuhan menyatakan kuasa dan kehadiran-Nya di tengah-tengah umat-Nya juga melalui seluruh ciptaan-Nya. Ketika Tuhan hadir dan bertindak, maka kehadiran-Nya menggetarkan seluruh mahluk ciptaan-Nya. Habakuk menggambarkan: bumi yang bergoyang, bangsa-bangsa dibuatNya melompat terkejut, gunung-gunung hancur, bukit-bukit merendah, kemah orang Kusyan (Midian) tertekan dan bergetar, amarah Tuhan bangkit atas sungai-sungai. Ayat 6-8 menunjukkan bahwa Tuhan berkuasa atas semua mahluk ciptaan-Nya dan Ia dapat menggunakannya untuk pekerjaan-Nya; untuk kepentingan-Nya. Pelajaran dari sejarah inilah yang kemudian menguatkan Habakuk untuk tetap berpengharapan menantikan masa-masa sulit yang akan datang.

Hari ini telah kita lalui dan kita akan menutupnya dengan beristirahat dalam tidur kita. Mari kita ingat kembali apa yang sudah terjadi pada hari ini. Adakah kita melihat dan mengalami pekerjaan Tuhan pada hari ini, baik melalui tanda-tanda alam, berbagai peristiwa, melalui kehadiran sesama yang menggembirakan hati maupun yang menjengkelkan hati? Refleksi atas apa yang terjadi pada hari ini akan membawa kita pada sikap bersyukur bahwa kita bisa melewati hari ini dengan berbagai pengalaman di dalamnya. Refleksi itu juga akan membawa kita pada sikap mengampuni dan kemauan memperbaiki diri agar lebih baik ke depan. Refleksi itu juga akan menguatkan kita untuk tetap berpengharapan ketika masa-masa sulit datang. Kalau refleksi atas masa lalu itu selalu kita lakukan, kita akan mengalami pertumbuhan iman yang Iuar biasa.

KJ 63 : 2
Doa : (Terpujilah Engkau ya Tuhan, yang telah menyatakan kuasa dan karya-Mu melalui seluruh ciptaanMu sehingga kami disadarkan untuk mengandalkan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *