Kamis 8 Oktober 2020 – Renungan Malam

6 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 October 2020        


MINGGU XVIII SES. PENTAKOSTA

KJ.427 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 20 : 17 – 21

Rendah Hati: Setia Walau Penuh Tantangan

Kunci keberhasilan Paulus dalam pelayanan adalah kerendahan hati. Dengan memiliki sikap kerendahan hati, Paulus mampu melewati setiap tantangan dalam pelayanan. Paulus sadar, bahwa tugas yang diembannya tidak mudah. la akan melewati berbagai tantangan pelayanan; seperti dimusuhi, dipenjara sampai ancaman pembunuhan atas dirinya. Intinya, nyawa menjadi taruhan terburuk yang akan dihadapi Paulus. Walaupun dalam pelayanan Paulus banyak mencucurkan air mata, namun semuanya itu dapat dilalui (ay. 19). Paulus tidak menjadi lemah. Paulus tidak tawar hati. Paulus tidak mengabaikan setiap pelayanan untuk memberitakan dan mengajarkan firman Tuhan kepada seluruh umat (ay.20).

Kerendahan hati Paulus membuat dirinya menjadi setia menjalankan pelayanannya. Paulus tahu, bahwa apa yang diberitakan untuk kemuliaan Tuhan. Keagungan dan Kebesaran Tuhanlah yang menjadi tujuan pelayanan Paulus. Paulus tidak boleh menyombongkan diri. Paulus harus makin kecil, namun Tuhan semakin besar. Karakter pelayanan Paulus ini yang memampukan dia melihat setiap tantangan menjadi sukacita pelayanan. Dalam sukacita melayani, Paulus mampu melewati semua hal dengan penuh syukur. Dengan bersyukur atas setiap tantangan dalam pelayanan, Paulus menjadi semakin teguh dan tegar.

Hidup ini penuh tantangan. Ada yang mampu ataupun tidak mampu melewati hari-hari kehidupan ini. Akibatnya, ada rasa kecewa dan putus asa. Hari-hari kehidupan dijalani bagaikan melewati dunia yang membingungkan dan menyeramkan. Mari belajar dari Paulus, yang mengubah tantangan menjadi sukacita, sehingga berbuahkan rasa syukur, walaupun hidup yang kita jalani bagaikan roda pedati. Ada saat kita “di atas” ataupun “di bawah”. Suka dan duka silih berganti. Namun demikian, kita harus tetap setia berjalan bersama Tuhan. Dengan demikian setiap tantangan menjadi kesukaan yang membawa syukur kepada-Nya. Semua itu dapat terjadi jika kita rendah hati.

KJ. 427 : 3
Doa : (Bapa, tolong kuatkan kami di setiap tantangan yang sedang dihadapi)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *