Kamis 8 Oktober 2020 – Renungan Pagi

9 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 October 2020        


MINGGU XVIII SES. PENTAKOSTA

KJ. 457 : 1, 2 – Berdoa

Kisah Para Rasul 20 : 13 – 16

Kegiatan Yang Diatur Dengan Baik

Pernahkah kita merenungkan dan menyadari kegiatan yang dikerjakan setiap hari? Apa yang kita kerjakan dalam 24 jam sehari?Apakah banyak kegiatan bermanfaat yang dikerjakan?Atau seiring perjalanan waktu, kita melewati hari-hari dengan tanpa arti. Kita bisa membayangkan berapa banyak waktu yang dipakai untuk kegiatan yang bermanfaat. Lalu berapa banyak waktu yang terbuang. Jika waktu dilihat dalam satu minggu, satu bulan dan satu tahun; berapa banyak yang terpakai atau terlewat sia-sia. Bagaimana pengaturan kegiatan kita dalam waktu yang ada tersebut?

Paulus memakai setiap waktu untuk melayani jemaat melalui perjalanan pekabaran Injil. Tidak hanya memanfaatkan waktu yang ada, Paulus juga mengatur setiap perjalanan yang akan dilakukan dengan baik. Melalui bacaan pagi ini, kita mengetahui bagaimana Paulus mengatur waktu dalam perjalanannya. Ada rencana yang dibuat. Ada perhitungan waktu dalam perjalanannya. Ada rencana perjalanan dengan berjalan kaki melalui darat. Ada perjalanan yang memakai transportasi kapal dengan perhitungan hari dari setiap tempat yang disinggahi. Semua perjalanan direncanakan dengan baik agar mencapai target dan tujuan sesuai harapan. Paulus mengharapkan, bahwa dirinya sudah ada di Yerusalem pada hari raya Pentakosta.

Pengaturan kegiatan yang direncanakan menjadi bagian untuk hidup disiplin dan teratur. Semua rencana tersebut harus melibatkan Tuhan. Kita meminta Tuhan menyertai dan memberkati dalam setiap rencana kegiatan yang dibuat. Rasul Yakobus berkata, “Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan. Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” (Yak.4:15). Jadi sebelum memulai semua aktivitas hari ini, buatlah perencanaan dan doakanlah, agar segala rencana kegiatan dapat menjadi berkat bagi kita dan sesama.

KJ. 457 : 3, 4
Doa : (Tuhan Yesus, mohon sertailah di setiap kegiatan dalam kehidupan kami) 

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *