KAMIS, 9 MEI 2019 – Renungan Malam

85 Kali dibaca, Diterbitkan: 9 May 2019        


 

MINGGU II SESUDAH PASKAH

GB.251 : 1 – Berdoa

DAMAI MENGUNTUNGKAN SEMUA ORANG

1 Raja-Raja 5:7-12
Dan TUHAN memberikan hikmat kepada Salomo seperti yang dijanjikan-Nya kepadanya; maka damaipun ada antara Hiram dan Salomo, lalu mereka berdua mengadakan perjanjian. (ay.12)

Perdamaian sangat dibutuhkan dalam kehidupan bersama. Jika konflik terjadi, maka sebenarnya semua pihak dirugikan. Konflik antar bangsa dapat menguras sumber daya alam dan melenyapkan potensi kreatif manusia. Karena itu, upaya membangun perdamaian merupakan upaya terpuji memastikan kehidupan yang sejahtera bagi banyak orang. Para pemimpin berhikmat berusaha mengembangkan perdamaian ketimbang melakukan konfrontasi.

Salomo menjalin hubungan baik dengan raja Hiram yang memiliki kayu-kayu terbaik guna membangun bait Allah di Yerusalem. Salomo melakukan pertukaran barang sebagai komitmen bersama yang disepakati dengan raja Hiram. Sebagaimana raja Hiram mengirim kayu-kayu yang terbaik, demikian juga Salomo mengirim makanan yang dibutuhkan raja Hiram. Masing-masing pihak merasa senang sebab tidak ada yang dirugikan. Hubungan mereka berlanjut ke tingkatan yang saling menghargai dan menghormati. Sebuah kesepakatan yang bermanfaat bagi masa depan yang lebih baik. Hikmat Tuhan menolong raja Salomo untuk bertindak sebatas kepentingannya pribadi tetapi kepentingan bersama dengan bangsa di sekitarnya.

Bagaimana sebenarnya relasi kita di tengah lingkungan sekitar? Sudahkah kita hadir menjadi berkat bagi saudara kita yang beda keyakinan? Kita tidak hanya bersahabat dengan saudara seiman, tetapi juga bersahabat dengan mereka yang menghargai sesama. Siapa mereka? Tentu tidak perlu jauh-jauh. Boleh jadi mereka adalah tetangga di kiri dan kanan rumah kita yang setiap hari bertemu dan berinteraksi. Dengan mereka, kita perlu menjaga hubungan baik dan persaudaraan dalam kasih. Tentu tidak semudah yang dibayangkan. Karena itu, dibutuhkan hikmat Allah sehingga kita dapat menjalin hubungan baik dan menciptakan damai di tengah lingkungan bersama. Tidak ada salahnya, kita turut mendoakan tetangga-tetangga kita dan membantu kesusahan mereka dengan tulus.

GB.251 : 2
Doa : (Kami mengucap syukur atas perdamaian yang boleh kami alami dengan orang-orang di sekitar kami. Kami bersyukur jika hidup kami boleh jadi berkat bagi sesama)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *