KAMIS,17 JANUARl 2019 – Renungan Malam

123 Kali dibaca, Diterbitkan: 17 January 2019        


 

MINGGU SESUDAH EPIFANIA

KJ.281:1 – Berdoa

YESUS KRISTUS, PEMBEBAS DAN PENEBUS DOSA

Kolose 1:13-14
…di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa” (ay.14).

Surat Kolose ditulis rasul Paulus dari dalam penjara. Surat ini ditulis karena Paulus mendengar dari Epafras, pemimpin jemaat di Kolose bahwa telah beredar ajaran sesat yang terang-terangan menyangkal karya keselamatan Allah bagi seluruh ciptaan di dalam Yesus Kriatus. Karena itu tidak heran jika dalam surat kepada jamaat Kolose, Paulus sangat menekankan tentang keutamaan Yesus Kristus. Tekanan tentang keutamaan Kristus sudah dibahas Paulus dalam Kolose 1:13, dan 14.

Melalui ayat 13. dan 14, Paulus mau menegaskan bahwa Allah telah mengambil prakarsa melepaskan manusia dari kuasa kegelapan, dan memindahkannya ke dalam Kerajaan Anak-Nya (Kerajaan Kristus). Istilah “Kerajaan Anak-Nya” menunjuk kepada “pemerintahan Anak-Nya”. Dengan demikian, istilah “Kerajaan AnakNya” berarti Kerajaan di mana Anak-Nya. yaitu Yesus Kristus memerintah secara mutlak. Siapapun yang menjadi bagian dalam Kerajaan Kristus maka ia harus tunduk pada pemerintahan Kristus.

Paulus juga menagaskan bahwa hanya di dalam Anak-Nya itulah manusia memperoleh penebusan, yaitu pengampunan dosa. Malam ini, ketika kita akan beristirahat, mungkin saja masih ada masalah kehidupan yang belum berhasil kita selesaikan hari ini. Jangan menyerah dan berputus asa. Tuhan Yesus Kristus yang telah mengambil prakarsa melepaskan kita dari kuasa kegelapan, dan telah menebus serta mengampuni dosa kita adalah Allah yang berkuasa. Dia yang telah membebaskan kita dari kuasa kegelapan, tentu saja Dia juga mampu untuk membebaskan dan melepaskan kita dari berbagai masalah kehidupan yang kita alami. Yang harus kita lakukan sekarang adalah mengucap syukur karena anugerah-Nya yang telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan, seraya kita tetap giat memberitakan keselamatan yang telah dikerjakan Allah dalam Yesus Kristus.

KJ. 281 : 2,3
Doa : (Tuhan Yesus, kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau telah menyelamatkan kami dari kuasa kegelapan dan telah menebus dan mengampuni dosa-dosa kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *