KAMlS, 17 JANUARl 2019 – Renungan Pagi

122 Kali dibaca, Diterbitkan: 17 January 2019        


 

MINGGU SESUDAH EPIFANIA

GB.61: 1 – Berdoa

SALING MENDOAKAN

Kolose 1:9-12
… kami tiada berhenti berdoa untuk kamu. Kami meminta. supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna (ay.9).

Dalam suratnya kepada jemaat Kolose, rasul Pauius mengucap syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, karena ia mendengar bahwa jemaat Kolose hidup dalam iman kepada Yesus Kristus, dan mewujudnyatakan kasih Kristus dalam kehidupan sehari-hari (1:1-4).

Sejak mendengar hal itu, rasul Paulus berdoa untuk jemaat Kolose setiap hari. Dalam doanya, Paulus meminta kepada Tuhan supaya jemaat Kolose menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna. Hikmat dan pengertian yang benar yang dimaksud Paulus di ayat 9, tentunya bukan hikmat dan pangertian dunia, melainkan hikmat dan pengertian yang bersumber dari Tuhan dan dianugerahkan Tuhan kepada orang-orang yang taat kepada Tuhan dan Firman-Nya.

Orang yang mengetahui kehendak Tuhan yang sempurna, maka kehidupannya akan menjadi kehidupan yang layak dan berkenan di hadapan Tuhan; memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik; bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah; dikuatkan dalam menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar; selalu mengucap syukur dengan penuh sukacita (ay.10-12).

Ketika kita akan memulai aktifitas di hari ini, hendaknya kita mengawalinya dengan berdoa kepada Tuhan. Kita tentu saja boleh meminta banyak hal kepada Tuhan. Tetapi jangan lupa untuk berdoa meminta hikmat dan pengertian agar kita mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna. Jangan lupa juga untuk mendoakan anggota keluarga (suami, istri, orangtua, anak, cucu), para pelayan Tuhan yang melayani di gereja, juga sahabat, dan saudara seiman. Kita juga minta kepada Tuhan agar mereka juga diberi hikmat dan pengertian untuk mengerti kehendak Tuhan dengan sempurna.

Sungguh sangat indah jika sebagai anggota tubuh Kristus, kita semua hidup saling menopang, mendukung dan mendoakan.

GB.61 : 4
Doa : (Ya Tuhan, kami bermohon berikanlah hikmat dan pengertian yang benar, sehingga kami mengetahui kehendak Tuhan yang sempurna)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *