Martin Luther

1,285 Kali dibaca, Diterbitkan: 8 August 2014        


Nama Lengkap : Martin Luther

Alias : No Alias

Profesi :

Tempat Lahir : Eisleben, Sachsen

Tanggal Lahir : Sabtu, 10 November 1483

No Relation

BIOGRAFI

Lahir di Eisleben, Saxony, Jerman Tenggara pada 14 November 1483, Martin Luther adalah seorang pastur Jerman dan ahli teologi Kristen dan pendiri Gereja Lutheran, gereja Protestan, pecahan dari Katolik Roma. Ia merupakan salah satu dari tokoh-tokoh yang paling mempengaruhi sejarah Kristen ketika dia memulai Reformasi Protestan pada abad ke 16.

Luther mempertanyakan beberapa prinsip dasar Katolik Roma, dan kemudian pengikutnya berpisah dari Gereja Katolik Roma  untuk memulai tradisi Protestan. Seruan Luther kepada Gereja agar kembali kepada ajaran-ajaran Alkitab telah melahirkan tradisi baru dalam agama Kristen. Gerakan pembaruannya mengakibatkan perubahan radikal juga di lingkungan Gereja Katolik Roma dalam bentuk Reformasi Katolik.

Sumbangan-sumbangan Luther terhadap peradaban Barat jauh melampaui kehidupan Gereja Kristen. Terjemahan Alkitabnya telah ikut mengembangkan versi standar bahasa Jerman dan menambahkan sejumlah prinsip dalam seni penerjemahan. Nyanyian rohani yang diciptakannya mengilhami perkembangan nyanyian jemaat dalam Gereja Kristen.

Luther menikah pada 13 Juni 1525 dengan Katharina von Bora, seorang mantan biarawati, Pasangan ini mendapatkan enam orang anak, tiga laki-laki dan tiga perempuan. Pernikahannya menimbulkan gerakan pernikahan pendeta di kalangan banyak tradisi Kristen. Karena terpengaruh oleh seruan Humanisme ad fontes (“kembali ke sumbernya”), Luther menenggelamkan dirinya dalam mempelajari Alkitab dan Gereja perdana.

Dengan segera istilah-istilah seperti penyesalan dan pembenaran mendapatkan makna yang baru bagi Luther. Ia menjadi yakin bahwa Gereja telah keliru dalam beberapa kebenaran sentral dari Kekristenan yang diajarkan dalam Kitab Suci, yang terpenting di antaranya adalah doktrin tentang pembenaran oleh iman semata. Luther mulai mengajarkan bahwa keselamatan sepenuhnya adalah pemberian dari anugerah Allah melalui Kristus yang diterima oleh iman. Pada 18 Februari 1546, Luther meninggal dalam perjalanannya ke kampung halamannya, Eisleben.

KARIR

  • Biarawan,
  • Pendeta,
  • Teolog
Disadur dari Riset analisis: D. A. Ruhiyati
Categories: Artikel, Profil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *