Minggu, 10 Desember 2017 – Renungan Malam

161 Kali dibaca, Diterbitkan: 9 December 2017        


 

HARI MINGGU ADVEN II
MINGGU, 10 DESEMBER 2017

Renungan Malam
KJ.19 : 1 – Berdoa

BERTANYA AKAN MENYELAMATKAN

Daniel 9 : 14-19
Oleh sebab itu, dengarkanlah, ya Allah kami, doa hamba-Mu ini dan permohonannya…. (ay. 17)

“Malu bertanya sesat di jalan”, kita semua sering mendengar atau bahkan menggunakan peribahasa tersebut, yang berati: jika tidak mengetahui jangan ragu bertanya kepada orang. Peribahasa yang sederhana tetapi memiliki makna yang Iuas, khususnya bagi kita yang ingin melangkah maju tetapi tidak mengerti apa yang akan dihadapi dan bagaimana cara menghadapinya. Peribahasa ini juga mau menyatakan, bahwa bertanya kepada orang lain tidak pernah membuat kita menjadi seseorang yang rendah atau lemah. Bertanya justru membuat kita makin berhikmat dan bijaksana untuk melangkah maju.

Daniel pun demikian, ia tidak mengerti bagaimana bangsa Israel dapat melewati 70 tahun masa pembuangan (ay.2). Pada saat itu umur Daniel sudah lanjut usia (diatas 70 tahun). Sebagai seseorang yang dipandang paling bijaksana di kerajaan Babilonia (lih. 2:48), Daniel tidak mengandalkan kepandaiannya untuk memecahkan isi kitab yang dibacanya. Dalam ketidak-mengertiannya Daniel mengarahkan perhatian kepada Tuhan Allah: berdoa dan memohon. Supaya kekuatan dari Tuhan Allah bertindak dengan segera, memampukan bangsa Israel melewati 70 tahun masa pembuangan di Babel (ay. 19).

Pada minggu-minggu Adven ini, kita belajar dari Kitab Daniel
bagaimana cara mengatasi kecemasan melewati Tahun 2017. Ada pergumulan dan harapan yang belum terjawab atau terselesaikan. Jangan malu bertanya kepada keluarga, kepada orangtua atau kepada presbiter. Namun, yang terpenting marilah belajar dari Daniel, tidak mengandalkan kekuatan dan kebijaksanaannya. Melainkan mengarahkan pandangan, pikiran dan hati bertanya kepada Tuhan Allah dalam doa dan permohonan. Sikap seperti itu yang harus dilakukan oleh orang percaya. Pasti kita diberkati dengan hikmat dan kekuatan baru, agar bijak melewati penghujung tahun 2017.

KJ.19 : 2
Doa : (Bapa di Sorga kami datang memohon kiranya Engkau memperhatikan dan bertindak bagi kami yang lemah ini)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *