MINGGU, 10 MARET 2019 – Renungan Malam

73 Kali dibaca, Diterbitkan: 10 March 2019        


 

HARI MINGGU VI PRAPASKAH

KJ.460 : 1 – Berdoa

JAMINAN TERKABULNYA DOA

Matius 18:19-20
Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga (ay.19)

Doa adalah cara untuk meminta dan/atau mendapatkan sesuatu dari Allah. Sama seperti seorang anak meminta kepada orang-tuanya, demikianlah kita selaku orang percaya meminta kepada Allah, Bapa kita.
Pertama, karena kita percaya bahwa Allah adalah number berkat dan Ia murah hati kepada setiap orang yang membutuhkan-Nya.
Kedua, karena kita percaya bahwa Allah tahu memberi yang terbaik kepada setiap orang. Ia tidak akan mengecewakanmu mereka yang senantiasa berharap dan mengandalkan kebaikan-Nya.
Ketiga, kita percaya bahwa Allah tahu waktu dan cara yang tepat untuk memberi apa yang kita minta.

Meskipun waktu dan cara-Nya tidak seperti yang kita targetkan/bayangkan, tetapi Allah pasti memberi menurut kehendak dan rencana-Nya yang inilah bagi kita. Karena itu, titik persoalan bukanlah pada Allah, melainkan pada kita. Apakah kita sudah meminta kepada Allah hal yang kita inginkan dan butuhkan? Apakah kita tekun meminta kepada-Nya? Atau sebaliknya, kita justru malas dan jenuh untuk berdoa.

Jika ini yang terjadi, ingatlah kembali pengajaran Yesus tentang doa. Menurut-Nya, tidak ada doa yang sia-sia. Doa pribadi maupun doa bersama yang kita panjatkan kepada Allah pasti akan dikabulkan-Nya.. Pengabulan doa itu tentu tidak bergantung pada panjang/pendeknya doa kita. Tidak pula karena indahnya rangkaian kata-kata kita. Tetapi pengabulan doa itu semata-mata karena kita memintanya di dalam nama Yesus!. Meminta di dalam Yesus artinya meminta di dalam iman percaya, ketaatan dan kasih kepada-Nya termasuk kasih kepada sesama). Dengan demikian, kita tidak akan memaksa Allah supaya la melakukan apa yang kita mau. Akan tetapi kita bersedia merendahkan hati serta mempertaruhkan seluruh keberadaan kita kepada pertimbangan dan keputusan Allah.

Maka apa yang Yesus janjikan tentang pengabulan doa akan kita alami. Kini, marilah kita menikmati istirahat sambil mensyukuri jaminan atas pengabulan doa yang kita panjatkan kepada-Nya. Tuhan beserta kita.

KJ.460 : 2
‘Doa : (Ya Allah, mampukanlah kami untuk tekun berdoa dalam iman bahwa Engkau mendengar dan menjawab doa kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *