MINGGU, 10 MARET 2019 – Renungan Pagi

101 Kali dibaca, Diterbitkan: 10 March 2019        


 

HARI MINGGU VI PRAPASKAH

KJ.413 : 1 – Berdoa

TIDAK TERSESAT ATAUPUN MENYESATKAN

Matius 18: 1-18
“Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini (ay.6)

Setiap orang pasti pernah tersesat, termasuk dalam berpikir dan bertindak. Salah satu penyebabnya adalah karena kita mudah percaya dan akhirnya terperdaya, baik oleh ajaran maupun pengaruh orang lain di sekitar kita. Inilah yang terjadi di Israel pada masa pelayanan Yesus! Para pemimpin agama yakni orang-orang Farisi dan Ahli-ahli Taurat seharusnya tidak memprovokasi orang banyak untuk membenci Yesus dan pelayanan yang dilakukan-Nya. Sebab Yesus tédak pernah menyesatkan orang!

Sebaliknya, Ia justru mengajarkan bagaimana mengasihi setiap orang dengan tulus, tanpa syarat dan tanpa membeda-bedakan. Sebagai contoh, Yesus menerima anak-anak serta menghormati mereka sama seperti orang dewasa. Ia bahkan menjadikan sikap anak-anak yang terbuka dan mengasihi-Nya sebagai sebuah teladan tentang bagaimana menyambut kedatangan Kerajaan Allah yang nyata melalui Pribadi dan karya-Nya. Selain itu, Yesus juga mengajarkan supaya setiap orang jangan hanya sibuk mengoreksi sesamanya (seperti yang dilakukan oleh para pemimpin agama Yahudi), melainkan juga mau mengintrospeksi diri sendiri. Apakah mereka sudah hidup seperti yang Allah kehendaki ataukah mereka masih hidup dalam kesesatan.

Menurut Yesus, setiap orang yang tersesat haruslah bertobat. Bertobat di sini bukan hanya sekadar melupakan masa lalu yang kelam, melainkan meninggalkan semua yang jahat dan sesat. Perkara ini memang tidak mudah! Apalagi sebagai orang percaya kita juga diberikan tanggungjawab oleh Allah untuk mencari mereka yang tersesat supaya mereka juga memperoleh keselamatan.

Bagaimana caranya? Tentu saja bukan dengan kekerasan, melainkan dengan tegoran dan nasihat, serta kesaksian hidup kita yang benar! Dengan begitu, kita mampu untuk keyakinkan dan membimbing mereka yang tersesat agar percaya kepada Yesus, Sang Kebenaran! Selamat hari Minggu. Tuhan menjaga kita sehingga kita tidak tersesat ataupun menyesatkan.

KJ.413 : 2
Doa : (Jagalah hati kami, ya Tuhan, dari segala kesesatan, serta ajarlah kami untuk hidup dalam kebenaran dan mengasihi sesama)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *