MINGGU, 13 JANUARI 2019 – Renungan Malam

131 Kali dibaca, Diterbitkan: 13 January 2019        


 

HARI MINGGU SESUDAH EPIFANIA

KJ. 58:1 -Berdoa

SEMANGAT MEMBERITAKAN FIRMAN TUHAN DENGAN KATA DAN BAHASA YANG JELAS

1 Korintus 14:6-9
Jadi saudara-saudara. jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu pernyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?

Dalam pembacaan Alkitab malam ini, Paulus semakin mempertegas apa yang sudah dikatakan di ayat-ayat sebelumnya, bahwa karunia barbahasa roh bukanlah karunia yang paling utama. Untuk menegaskan hal itu ia mangajukan pertanyaan retoris kepada jemaat Korintus (ayat 6). Melalui pertanyaan retoris tersebut, Paulus sebenarnya mau menekankan bahwa bahasa roh yang digunakan dalam pertemuan jemaat dan ibadan menjadi tidak barguna, jika orang lain yang hadir dalam ibadah tersebut tidak mengerti artinya. Guna memperjelas hal itu, Paulus menggunakan analogi (kiasan) tentang alat musik (seruling, kecapi) dan nafiri. Ia mengatakan bahwa alat-alat musik dan nafiri menjadi tidak barguna, jika tidak mengeluarkan bunyi yang jelas.

Sejalan dengan itu, Ia mengingatkan bahwa karunia berbahasa roh yang digunakan dalam ibadah menjadi tidak berguna, jika dalam pertemuan ibadah tersebut tidak disampaikan pernyataan Allah, pengetahuan, nubuat, dan pengajaran. Paulus menekankan pentingnya semangat memberitakan Firman Tuhan dengan kata dan bahasa yang jelas dan dipahami agar Jemaat dibangun.

Malam ini, Firman Tuhan mengingatkan kepada kita tentang pentingnya membentakan Firman Allah dangan mengunakan kata dan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Secara khusus sebagai orangtua, mari kita merenung apakah kita telah memberita-
kan Firman Allah kepada anak-anak kita dengan menggunakan kata dan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Jika anak-anak kita mendengarkan, mengerti dan menghayati Firman Allah maka mereka akan mengenal dan mengasihi Kristus. Tidak hanya itu, kehidupan mereka berakar, bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus.

KJ.432 : 1,2
Doa : (Ya, Tuhan pakailah diriku untuk menyampaikan karya keselamatan-Mu dengan kata dan bahasa yang jelas sehingga orang yang mendengarnya dikuatkan, bahkan dibangun dalam iman)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *