MINGGU, 13 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

112 Kali dibaca, Diterbitkan: 13 January 2019        


 

HARI MINGGU SESUDAH EPIFANIA

KJ. 57:1,3 – Berdoa

SEMANGAT UNTUK MEMBANGUN JEMAAT KRISTUS

1 Korintus 14:1-5
Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia roh. terutama karunia untuk bernubuat (ay.1).

Ada sebagian orang Kristen yang berpendapat bahwa karunia berbahasa roh (glossolalia = bahasa lidah) adalah karunia rohani utama yang dianugerahkan Roh Kudus bagi orang percaya. Karunia berbahasa roh dianggap sebagai tanda bahwa kehidupan seorang Kristen dikuasai Roh Kudus, sehingga orang yang bisa berbahasa roh dianggap sebagai orang Kristen sejati. Sedangkan yang tidak bisa berbahasa roh dianggap bukan orang Kristen sejati. Pendapat seperti itu tentu saja keliru. Karunia berbahasa roh memang adalah salah satu karunia rohani yang dianugerahkan Tuhan bagi orang percaya (1 Kor. 12: 8) namun demikian, karunia berbahasa roh tidak boleh dianggap sebagai karunia rohani yang paling utama.

Di ayat 1, rasul Paulus menekankan dua karunia rohani yang justru harus diusahakan dan dikejar oleh jemaat di Korintus, yaitu pertama, kasih. Kasih adalah termasuk karunia yang dianugerahkan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Karunia sehebat apapun, termasuk karunia berbahasa roh, tidak berguna tanpa kasih (bnd, 1 Kor 13 : 1, 2).

Kedua, karunia bernubuat. Karunia bernubuat adalah karunia memberitakan karya keselamatan yang dikerjakan Allah secara jelas dan bisa dipahami, sehingga berguna untuk membangun, menasihati dan menghibur orang yang mendengarnya. Hal itu ditekankan oleh Paulus karena ia mendengar bahwa ada sebagian warga jemaat Korintus yang membanggakan karunia rohani, terutama karunia berbahasa roh, secara khusus dalam pertemuan jemaat dan ibadah.

Saudaraku, gereja adalah anggota tubuh Kristus dan Kristus adalah Kepala gereja. Sebagai anggota tubuh Kristus, marilah memelihara dan berusaha mewujudkan kasih Kristus di tengah Jemaat yang adalah anggota tubuh Kristus. Kasih tidak mementingkan diri sendiri dan tidak sombong. Dengan berdasar kasih marilah kita menggunakan karunia rohani yang dianugerahkan Roh Kudus, bukan untuk menyombongkan diri, melainkan untuk membangun Jemaat Kristus.

KJ. 249:1,3
Doa : (Ya, Tuhan, kami bersyukur untuk karunia rohani yang Tuhan anugerahkan kepada kami, mampukanlah kami agar bisa memanfaatkan karunia rohani yang Engkau anugerahkan untuk membangun Jemaat-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *