Minggu 13 September 2020 – Renungan Pagi

5 Kali dibaca, Diterbitkan: 12 September 2020        


HARI MINGGU XV SES. PENTAKOSTA

♪  GB. 61 : 1, 2 – Berdoa

Amsal 1 : 8 – 19

Makna Nasihat dan Peringatan

Salomo adalah raja Israel yang sangat menaruh perhatian dalam pembentukkan iman dan karakter orang muda. ltulah sebabnya, kita menemukan berbagai pengajaran Salomo dalam kitab Amsal. Bagi Salomo, ada 2 hal yang perlu dimiliki oleh orang muda di dalam menjalani kehidupannya: (1) hidup takut akan Tuhan, maksudnya hidup dalam pengenalan akan Tuhan dan melakukan segala sesuatu sesuai kehendak-Nya; dan (2) mendengar berbagai nasihat dan peringatan, yang salah satunya terdapat dalam perikop bacaan kita hari ini.

Salomo menekankan pentingnya sikap mendengar nasihat orangtua yang mengandung didikan dan pengajaran bagi orang muda. Kehidupan orang muda akan bernilai dan berharga manakala ia melekatkan hidupnya pada didikan ayah dan ajaran ibunya (ay.8-9). Tentu saja, hal ini harus dimulai dari sikap hidup orangtua yang penuh kasih, perhatian dan menjadi teladan.

Selain itu, Salomo memberikan peringatan kepada orang muda mengenai lingkungan yang bisa membawa pengaruh buruk baginya (ay. 10-19). Kehidupan orang muda rentan terhadap godaan dan jebakan dosa. Hal ini bisa ia temukan dalam lingkungan pergaulan di manapun dia berada. Tidak heran, Salomo menegaskan orang muda untuk bijaksana dalam bersikap dan berani menolak dengan tegas segala perbuatan buruk yang bisa merusak dirinya dan orang lain (ay.1 5).

Marilah kita bersikap dan mengambil peran dalam mendidik dan mengajar orang muda, mulai dari keluarga kita. Bekalilah mereka dengan segala nasihat dan peringatan yang sesuai dengan firman Tuhan, sehingga hidup mereka berdampak positif bagi sesama manusia dan ciptaan Iainnya, terlebih memuliakan nama Tuhan.

♪  GB. 61 : 3, 4
Doa : (Ya Kristus, ajarkanlah kami untuk melakukan Firman-Mu)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *