MINGGU, 15 JULI 2018 – Renungan Malam

54 Kali dibaca, Diterbitkan: 15 July 2018        


 

MINGGU, 15 JULI 2018
Renungan Malam

KJ.19 : 1-3 -Berdoa

IMAN ADALAH SEGALANYA

Daniel 3:28-30
“Lalu raja memberikan kedudukan tinggi kepada Sadrakh. Mesakh dan Abednego diwilayah Babel” (ay.30)

Kata peribahasa “Yang dicari tak diperolah tetapi yang tidak dicari didapatkan”. Itu yang terjadi pada pengalaman iman Sadrakh, Mesakh dan Abednego dalam bacaan kita malam ini. Tiga serangkai, yakni Sadrakh, Mesakh dan Abednego hanya bersikap setia dan taat karena imannya kepada Allah. Mereka hanya mengharapkan keselamatan dari Allah saja, tidak ada keinginan atau maksud lain. Mereka bersikap tegas ketika ujian iman mereka terjadi.

Namun Allah menjawab iman Sadrakh, Mesakh dan Abednego seperti tempo dulu Allah menjawab doa raja Salomo yang minta hikmat untuk memerintah Israel dengan baik dan adil. Apa yang mereka tidak minta Allah memberikannya. Sadrakh, Mesakh dan Abednego bukan saja memperoleh keselamatan yang mereka harapkan dari Allah, tetapi juga dianugerahi kedudukan tinggi oleh Nebukadnesar sebagai penghormatan kepada mereka. Sungguh luar blasa iman mereka. Kitab Daniel menjadi saksi sejarah tentang Israel yang terpuruk, tetapi iman membangkitkan pengharapan masa depan yang penuh semangat.

Iman menjawab keyakinan dan penyerahan diri kita kepada Allah. Iman bukan saja menghadirkan karya keselamatan Allah yang kita harapkan, ternyata lebih dari itu. Iman adalah segalanya bagi orang percaya. Pengalaman iman Sadrakh, Mesakh dan Abednego membuktikan hal tersebut, karena iman menjamin kepenuhan harapan kita, maka janganlah kita asal beriman. Tetapi yakin dengan kesungguhan dan penyerahan diri kepada Allah saja.

KJ 19 : 4
Doa : (Ya Tuhan, jadikan saya saksi iman)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *