MINGGU, 20 JANUARI 2019 – Renungan Malam

28 Kali dibaca, Diterbitkan: 20 January 2019        


 

HARI MINGGU II SESUDAH EPIFANIA

GB.252:1,2 – Berdoa

KUASA TUHAN MELEBIHl MASALAHKU

Mazmur 18:38-43
Aku menggiling mereka halus-halus seperti debu di depan angin, mencampakkan mereka seperti lumpur di jalan (ay.43).

Daud adalah seorang pejuang dan pemimpin di medan pertempuran, ketika ia menceritakan pertolongan Tuhan baginya di dalam peperangan. Tidak mengherankan bila muncul gambaran mengerikan seperti yang kita baca di ayat 43. Dengan menceritakan keadaan musuh yang hancur seperti itu, Daud ingin mengatakan bahwa Allah yang disembahnya adalah Allah yang berkuasa oleh karena dapat memberikan kemampuan yang luar biasa kepadanya untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Walaupun dalam gambaran yang diberikan Daud tersebut terlihat keperkasaan Daud, tetapi jelas Daud tidak bermaksud menyombongkan dirinya.

Jikalau Tuhan dapat memberikan kemampuan yang luar biasa kepada Daud, mengapa Tuhan tidak dapat memberikan sesuatu yang luar biasa juga kepada kita? Tuhan dapat memberikan kemampuan kepada kita dalam menghadapi musuh-musuh kita. Persoalannya adalah apakah kita menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan seperti Daud?

Terkadang kita lebih takut terhadap masalah yang kita hadapi dibanding takut pada Tuhan. Kita lebih ketakutan tidak punya uang dari pada tidak punya Tuhan. Begitu melihat besarnya masalah kita sudah kalut dan bingung. Belajar dari Daud, mari kita perteguh lagi keyakinan kita akan kaslh dan setia Tuhan serta karya-karya-Nya dalam kehidupan kita. Malam ini sebelum tidur hitunglah berkat Tuhan yang kita alami sepanjang hari ini, dengan begitu kita semakin kuat dalam iman percaya kita kepada-Nya.

GB 252:4,5
Doa : (Tuhan, teguhkan iman kami untuk berpegang pada-Mu dalam menghadapi tantangan hidup ini)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *