Minggu, 20 Mei 2018 – Renungan Malam

47 Kali dibaca, Diterbitkan: 20 May 2018        


 

Minggu Pentakosta

Minggu, 20 Mei 2018
Renungan Malam

KJ.432 : 1 – Berdoa

DOAMU UNTUK SIAPA?

Nehemia 1: 7-11
“Ya Tuhan, berilah telinga kepada doa hamba-mu ini…” (ayat 11)

Berdoa, pasti sering kita lakukan di sepanjang kehidupan kita. Tetapi yang menjadi pertanyaan: ketika kita berdoa, lebih banyakkah kita berdoa untuk diri kita sendiri atau justru doa kita lebih banyak diperuntukkan untuk orang-orang di sekitar kita?. Sangat disayangkan, seringkali banyak orang yang rajin berdoa tetapi realitanya doa yang dilakukan hanya untuk mengejar permohonan-permohonan bagi dirinya sendiri.

Nehemia seorang yang memiliki hubungan baik dengan Allah. Dalam teks ini ia berdoa bukan untuk dirinya, tetapi justru untuk kebahagiaan bangsanya. Ia berdoa dengan kerendahan hati di hadapan Allah yang dimulai dengan pengakuan dosa akan dirinya bahkan pengakuan dosa akan dosa-dosa bangsanya, agar Allah memulihkan bangsanya sesuai dengan janji yang pernah Allah nyatakan kepada nenek moyang mereka. Nehemia sanggup berdoa untuk bangsanya karena hidupnya hanya difokuskan pada Allah dan bukan pada dirinya. Bagaimana dengan doa-doa kita, sudahkah doa-doa kita berisi permohonan untuk orang lain?

Berdoa untuk orang lain seperti yang dilakukan oleh Nehemia bukan hal yang mudah. Tetapi sebagai orang yang telah menerima anugerah Keselamatan dari Allah, tugas kita adalah mendatangkan kebaikan hidup bagi sesama yang bisa kita mulai dari tindakan terkecil yaitu berdoa bagi sesama. Bagaimana caranya? 1) Belajarlah menjalankan hidup dengan selalu fokus hanya pada kehendak Allah, yaitu selalu mencari dan melakukan apa yang Allah kehendaki; 2) Ingatlah bahwa semua manusia membutuhkan sesamanya, ketika kita selalu mengingat hai ini maka kita akan selalu terlatih untuk berjuang mendatangkan kebaikan bagi orang-orang sekitar kita. Marilah kita menjadikan diri kita alat untuk mendatangkan kebaikan bagi orang lain yang membutuhkan melalui doa kita kepada sesama.

KJ 432 : 2
Doa : (Mampukan kami ya Allah untuk memiliki doa yang tidak egois)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *