Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 29 November 2020 – Renungan Malam

HARI MINGGU ADVEN I

KJ.434 : 1 – Berdoa

2 Korintus 8 : 10 – 15

Bukan Sekedar Tuntas, Tapi…?

Tidak semua orang memegang jabatan manajer. Namun demikian, semua orang adalah pemimpin. Seorang pemimpin tidak membutuhkan jabatan untuk memberi pengaruh pada orang-orang di sekitarnya. la hanya membutuhkan penguasaan tertentu, apakah itu pengetahuan atau kecakapan teknis. Melalui kepemilikan hal tersebut, dan tentu prinsip “kebenaran”, seseorang dapat menjalankan fungsi kepemimpinan.

Salah satu tugas kepemimpinan yang disorot oleh Paulus adalah penyelesaian tugas dan tanggungjawab dalam pelayanan kasih. Setelah ia memberikan role model atas keteladanan jemaat di Makedonia, Paulus juga memalingkan perhatiannya pada apa yang telah dilakukan jemaat Korintus yang juga menetapkan dan mengerjakan pelayanan kasih dalam hal saling menanggung beban penderitaan sesama saudara rohani. Melalui proyek pelayanan kasih yang ditujukan untuk Yerusalem, Paulus telah menyampaikan kesaksian tentang kesiapan jemaat Korintus setahun lalu di hadapan jemaat Makedonia, sehingga memberikan motivasi kepada mereka untuk mengambil bagian (9:2).

Paulus kembali memotivasi jemaat Korintus untuk menyelesaikan proyek pelayanan kasih berupa sumbangan diakonia bagi jemaat-jemaat yang membutuhkan. Mereka dimotivasi untuk belajar dari apa yang Kristus lakukan dengan semua “kekayaan” yang dimiliki-Nya (8:9). Paulus menekankan bahwa bukan saja proyek pelayanan kasih tersebut perlu dituntaskan, namun harus dilakukan dengan semangat dan jiwa kerelaan. Jadi bukan sekadar tuntas! Pelayanan kasih ini perlu dimotivasi bukan dilakukan dengan semangat mengurangi beban yang lain dan menambah beban sendiri. Semuanya dilakukan demi prinsip keseimbangan yang bermanfaat bagi kesehatan mental jemaat dalam mengelola anugerah kekayaan yang dimiliki (8:14).

Mungkin saat ini, kita sekalian sedang mengerjakan pelayanan kasih “berbagi keseimbangan hidup” dengan yang lain. ltu baik, dan akan menjadi kesaksian kita bersama. Melalui perenungan ini kita didorong untuk meneruskan dan menuntaskannya dengan prinsip “kerelaan” dan keyakinan iman, bahwa “si pemberi” tidak berkekurangan, dan “si penerima” tidak berkelebihan (8:15).

KJ.434 : 3
Doa : (Ya Bapa, kami menyadari bahwa seringkali kami terampil untuk memulai sesuatu, namun bermasalah dalam proses penyelesaiannya. Mohon karuniakan kami kekuatan untuk menyelesaikan semua kerja pelayanan secara tuntas)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya