Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 29 November 2020 – Renungan Pagi

HARI MINGGU ADVEN I

GB.22 – Berdoa

2 Korintus 8 : 1 – 9

Pemimpin Yang Kreatif Dan Inovatif

Sebagian orang berpandangan, Majelis Jemaat -yang adalah pimpinan di jemaat- harus mengutamakan pelayanan ke dalam semaksimal mungkin. Hal itu agar terjadi pertumbuhan dan pembangunan jemaat. Beberapa jemaat ada yang berpandangan, bahwa pelayanan cukup dilakukan dengan kegiatan rutin saja. Yang penting pelayanan dapat berjalan dengan baik. Tepatkah pandangan itu?

Jika kita bercermin dari jemaat di Makedonia, ternyata mereka dalam segala keterbatasan mampu memberikan persembahan terbaik. Persembahan itu diberikan untuk membantu jemaat induk di Yerusalem yang dalam kesulitan besar. Padahal tidak ada alasan bagi jemaat Makedonia untuk memberikan persembahan terbaik, yang menurut Rasul Paulus melebihi kemampuan mereka. Karena itu Rasul Paulus mendorong umat di Korintus sebagai jemaat yang jauh lebih mapan dengan berbagai sumberdaya insani untuk meneladani jemaat Makedonia. Berbagai keterbatasan, terlebih dari segi materi, jika dimaknai dalam iman akan menimbulkan keikhlasan untuk memberikan segala sesuatu yang terbaik walau melebihi kemampuan yang dimiliki.

Iman seperti itu bersumber dari hati yang ikhlas bersyukur atas karya keselamatan Tuhan Yesus yang mengalahkan kuasa dosa dan maut. Semua hal mungkin dapat diukur dan dibeli, tetapi keselamatan Tuhan Yesus tidak dapat dinilai oleh apapun, la sudah memberikan persembahan diri-Nya untuk kemuliaan Allah Bapa dan penyelamatan bagi umat manusia dengan kasih yang besar.

Hal ini seharusnya menjadi dasar bagi setiap pemimpin gereja, baik di lingkup sinodal maupun jemaat, agar selalu ikhlas memberi yang terbaik untuk kemuliaan Tuhan. Yakinlah bahwa setiap pemimpin gereja dimampukan untuk berbuat yang terbaik melebihi kemampuannya. Mari menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif, sehingga tercipta pertumbuhan dan pembangunan jemaat karena Tuhan yang memampukan kita.

GB. 79 : 1, 2
Doa : (Tolong kami ya Tuhan menjadi persekutuan yang peduli dengan membantu sesama yang dalam kesulitan)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya