MINGGU, 3 FEBRUARI 2019 – Renungan Pagi

14 Kali dibaca, Diterbitkan: 3 February 2019        


 

HARI MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

GB.69 : 1 – Berdoa

TAKUT KEPADA TUHAN MENDATANGKAN BERKAT

1 Samuel 26:17-25
“Lalu berkatalah Saul kepad
a Daud: “Diberkatilah kiranya engkau, anakku Daud. Apa jua pun yang kau perbuat, pastilah engkau sanggup melakukannya.” (ay.25)

Daud tidak berani mengambil kesempatan membunuh Saul Karena diurapi Tuhan. Daud mendapatkan berkat dari Tuhan karena: pertama, Daud menunjukkan tindakan yang takut kepada Tuhan. Sekalipun berada dalam keadaan terpojok tetapi Daud berusaha untuk berbuat baik. Daud bertindak dengan pertimbangan takut akan Tuhan. Kedua, Daud bersedia melakukan permohonan pengampunan dosa, jika memang ia berbuat dosa. Daud tidak menjadi arogan dengan merasa bahwa dirinya selalu benar, Daud menyadari bahwa dirinya pun bisa salah.

Berkat atas ketaatan dan sikap takut akan Tuhan tidak pernah diduga bentuk dan waktunya. Berkat tersebut tidak semata-mata dalam bentuk materi, dapat saja dalam bentuk yang lain : pertama. Saul yang awalnya membenci Daud karena dianggap sebagai saingan, berbalik menyadari kesalahannya. Takut kepada Tuhan dengan mengalahkan kejahatan dengan kebaikan akan mendatangkan kebaikan bahkan pertobatan. Kedua, takut kepada Tuhan menghadirkan perdamaian: Saul mengajak Daud berdamai. Daud pun bersedia mengembalikan tombak Saul. Pertentangan atau pertikaian di antara mereka berakhir dengan damai pada saat itu. Ketiga,apa pun yang Daud ingin perbuat, Daud akan sanggup melakukannya, berkat doa yang Saul ucapkan atas Daud.

Takut kepada Tuhan tidak hanya menjadi slogan semata atau ucapan kosong tanpa perbuatan. Jadikan takut akan Tuhan menjadi prinsip hidup, identitas diri yang dinyatakan dalam tindakan dan perbuatan setiap waktu. Jangan biarkan kesedihan karena kegagalan, atau sakit hati sebab pertengkaran menjadi alasan bagi kita berbuat jahat. Menjelang istirahat malam ini, nyatakan pada diri sendiri untuk takut kepada Tuhan, sehingga berkat-Nya yang tdak ternilai itu, menjadi milik kita. Berkat Tuhan akan kita nikmati bersama dalam kehidupan yang damai dan penuh sukacita.

GB.69:2
Doa,: (Tuhan, perkenankanlah kami menerima berkat-Mu dalam bentuk sukacita dan damai sejahtera)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *