Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 30 Agustus 2020 – Renungan Malam

HARI MINGGU XIII SES. PENTAKOSTA

♪  KJ. 436 : 1 – Berdoa

Amsal 3 : 21 – 26

Menyaring Informasi

Masker adalah alat bantu saat bernafas yang berfungsi menyaring udara yang dihirup. Masker yang baik akan mencegah penularan penyakit akibat paparan cairan yang terpancar melalui batuk atau bersin. Zat-zat yang mengotori udara tidak dapat masuk ke dalam tubuh manusia sebab tersaring oleh masker yang menutupi hidung dan mulut. Sebuah masker dapat digunakan tidak lebih dari 4 (empat) jam, setelah itu harus diganti dengan yang baru agar kesehatan dapat terus terpelihara.

Kemajuan teknologi di bidang informasi dan teknologi yang cepat dan luas, bagai berhadapan dengan pisau bermata dua. Di satu sisi, perkembangan teknologi memberi dampak positif dan di Sisi lain ada pengaruh negatif. Bagaimana kita bisa mengidentifikasi dan merespon dengan benar? Bacaan hari ini, mengajak kita untuk memelihara pertimbangan dan kebijaksanaan; menjadikannya sebagai filter untuk menyaring informasi yang diterima maupun yang akan disebarkan.

Pertimbangan dan kebijaksanaan harus menjadi visi dalam kita menilai segala hal. Sumber segala pertimbangan dan kebijaksanaan ada pada Allah Sang Pencipta (Lih. Ams. 1:7). Pertimbangan dan kebijaksanaan dapat berfungsi seperti masker; dalam menyaring sebaran informasi yang membanjiri media sosial setiap hari. Dengan demikian kita dapat mengetahui mana informasi yang benar; yang memelihara kehidupan, membuat tidur nyenyak, berjalan dengan aman dan membuat hati tentram  (Ams. 3:22-26), serta yang tidak.

Renungkanlah firman TUHAN setiap saat agar kita mempunyai pengertian, menjadi pandai, tahu kebenaran dan keadilan, berperilaku jujur dan memiliki ilmu serta berpengalaman (Lih. Ams. 1 : 2-5). Semuanya ini akan memberikan kepada kita pertimbangan dan kebijaksanaan untuk menyaring berita di dunia informasi dan teknologi yang berkembang pesat dan luas.

♪  KJ. 436 : 2
Doa : (Ya Bapa mohon sertai kami dengan Roh Kudus-Mu yang memberikan pertimbangan dan kebijaksanaan dalam menyaring berbagai informasi di media sosial)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya