Minggu 30 Agustus 2020 – Renungan Pagi

14 Kali dibaca, Diterbitkan: 29 August 2020        


HARI MINGGU XIII SES. PENTAKOSTA

GB.63 : 1 – Berdoa

Amsal 3 : 13 – 20

Spiritual Era Digital

Salah satu ciri penanda era digital (revolusi 4.0) adalah hadirnya aliran mega data (big data) dan pemanfaatan dalam ruang media sosial. Peluang ini bukan tanpa masalah. Di tangan orang yang mengalami krisis mental, terlebih krisis spiritual, kehadiran mega data dan media sosial ini menjadi “bahaya bagi misi Kristus” (Damai dan sejahtera bagi semua mahluk).

Dalam budaya literasi digital, kita bukan saja perlu cerdas dalam mempelajari berbagai aplikasi teknologi, namun berkemampuan dalam mengenali apa yang terkandung dalam materi yang disebarluaskan dalam ruang media. Prinsipnya, sesuatu yang hendak dibagikan dalam ruang media sosial, terlebih dahulu tersaring dalam ruang mental, terlebih ruang spiritual.

Injil adalah kabar baik dan sukacita yang mutlak diberitakan. Injil perlu hidup terlebih dahulu dalam ruang mental (pikiran), kemudian dalam ruang spiritual (hati). Amsal 3:13-20 menekankan bahwa hikmat dari Allah adalah “Big Data” yang sesungguhnya; sebuah “Mega Karya” yang nilainya mengatasi apa yang dapat diagungkan oleh mereka yang berpikir duniawi. Kita perlu masuk dalam literasi hikmat. Lalu mewartakannya melalui berbagai pengungkapan di ruang media sosial tersebut (Online).

Hikmat Allah perlu memenuhi ruang-ruang digital. Dengan hikmat-Nya, kita terhubung dengan sumber Ilahi, yaitu Allah yang Mahabesar. Kita juga senantiasa dipandu untuk menyatakan gambaran besar tentang diri-Nya. Dalam ruang online Dia harus semakin besar, kita semakin kecil (Yoh 3:30). Di luar panduan Hikmat-Nya, kita hanya menghadirkan informasi sampah (minus kasih). Dengan kata Iain, tidak ada “permata” dalam informasi yang tidak berisi hikmat-Nya.

Jadikanlah Smartphone sebagai “alat kehidupan” yang menghubungkan penggunanya dengan panggilan spiritual, menjadi pewarta kerajaan-Nya, yakni kerajaan Kasih. Allah harus memerintah dalam ruang Online!

GB. 63 : 2
Doa : (Ya Tuhan, mohon beri kami hikmat dan pengertian agar dapat menggunakan ruang media sosial daring untuk mewartakan Injil-Mu) 

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *