MINGGU, 5 MEI 2019 – Renungan Malam

59 Kali dibaca, Diterbitkan: 5 May 2019        


 

HARI MINGGU II SESUDAH PASKAH

GB. 215: 1

MENANG MENGATASI MASALAH

Yohanes 16: 25 – 33
Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia. (ay.33)

Identitas kristiani sering mendatangkan persoalan baru. Penolakan muncul dari orang di sekitar dengan melakukan tindakan diskriminatif dan merusak misalnya perkataan kasar dan dengan cara menghalangi kenaikan pangkat dan jabatan. Bisa juga dalam pemberian nilai yang tidak adil. Atau, kendala dalam mendirikan bangunan gereja. Semua iu terjadi karena iman kita kepada Tuhan Yesus sebagai Anak Allah dan Juruselamat dunia.

Tuhan Yesus menjelaskan bagaimana masa depan murid-murid-Nya. Menjadi murid Yesus jelas adalah sebuah anugerah sebab Tuhan datang untuk menyatakan kasih-Nya bagi kita. Tuhan Yesus tersalib. Tuhan Yesus menyediakan tempat terindah dalam Kerajaan Sorga. Tuhan Yesus sendiri berdoa bagi keselamatan manusia. Bahkan menguatkan murid-murid-Nya agar tidak lemah menghadapi penganiayaan dari para musuh. Penderitaan karena salib Yesus hanya sementara sebab kemenangan sudah tersedia. Tuhan Yesus sudah mengalahkan kejahatan dan kegelapan dunia untuk selama-lamanya. Karenanya, tidak ada yang perlu ditakutkan.

Janji kemenangan Tuhan Yesus adalah kepastian. Tuhan mau supaya kita tidak gelisah dan kecil hati menghadapi kesukaran. Tuhan mau supaya kita bertahan dan tidak kehilangan mahkota kemuliaan. Tuhan mau agar kita jadi pelaku firman dengan mengampuni yang bersalah dan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Atau, jangan-jangan malah kita sengaja membiarkan kejahatan terjadi. Kita justru tidak menolong saudara kita yang dalam penganiayaan. Perbuatan semacam ini jelas tidak terpuji. Mari saudaraku ubah karakter dan perilaku sesuai kehendak-Nya. Jadilah pemenang dan lakukan hal-hal terpuji yang memberkati sesama.

GB. 215: 2
Doa : (Bapa Mahakuasa yang mengetahui segala perkara, tolong saudara kami yang malu bersaksi tentang kasih Yesus di tengah lingkungan sekitar. Curahkan Roh Kudus agar mereka dikuatkan menjadi murid-Mu yang mampu mengatasi masalah dengan bijak)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *