MINGGU, 7 JULI 2019 – Renungan Malam

47 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 July 2019        


 

HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.291 : 1,2 – Berdoa

BAYARLAH PAJAKMU DENGAN SETIA

Roma 13 : 6 – 7
Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar : pajak kepada….pajak (ay.7a)

PEMERINTAHAN dalam suatu Negara, tidak hanya bertanggungjawab untuk menjaga stabilitas keamanan dalam negara saja. Tetapi pemerintah juga berupaya meningkatkan Ekonomi Negara, agar kebutuhan dalam pembangunan juga dapat terlaksana dengan baik. Salah satu bidang penunjang adalah Pajak. Pajak telah menjadi tanggung jawab dan kewajiban dari seluruh rakyat. Hal pajak ini sering terabaikan oleh masyarakat. Kalau kita mau menikmati fasilitas dilingkungan hidup kita dengan baik, maka haruslah kita sebagai warga masyarakat yang baik harus setia membayar pajak. Salah satu cara kita menghormati pemerintah, adalah dengan taat melakukan aturan-aturan yang telah ditetapkan yaitu dengan setia membayar pajak. Kesetiaan kita membayar pajak, memperlihatkan suatu perbuatan yang baik, dan dengan demikian kita tidak kena sangsi.

Pada masa Rasul Paulus, di kota Roma orang-orang Kristen harus membayar Pajak, walaupun kehidupan mereka masih sangat berat. Namun kewajiban ini dipenuhi dengan baik. Setia membayar Pajak adalah suatu bukti bahwa mereka sangat menghormati pemerintah ; karena itu rasul Paulus menyebut mereka yang memungut pajak dengan sebutan pelayan-pelayan Allah. Membayar pajak secara setia, maka kita mendukung pekerjaan mereka dengan lancar, dan kita sendiri tidak dipersulit. Tetapi kalau kita bersikap acuh, dengan banyak alasan, dan terus menerus menunda pembayaran, maka kita tidak bisa menikmati fasilitas dengan enak ; karena listrik pasti dimatikan, air pasti di segel, mobil tidak bisa jalan dengan bebas, kita hidup dengan beban hutang yang banyak. Marilah kita wujudkan sikap kita sebagai anak-anak Tuhan dengan setia melakukan kewajiban kita untuk membayar pajak.

KJ.291 : 3
Doa : (Ya Tuhan, jadikan kami umat-Mu yang setia, melakukan kewajiban kami selaku rakyat, ditengah bangsa ini, secara baik dan benar)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *