MINGGU, 7 OKTOBER 2018 – Renungan Pagi

24 Kali dibaca, Diterbitkan: 7 October 2018        


 

KJ.436 : 1 – Berdoa

“PRAY UNTIL SOMETHING HAPPEN” (BERDOALAH SAMPAI SESUATU TERJADI)

Kejadian 32:22-32
Lalu kata orang itu: ‘Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.’ Sahut Yakub: ‘Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku. (ay.26)

Ada seorang anak yang bergegas ke ladang tempat ayahnya bekerja. Sesampainya di ladang, Ia setengah berteriak memanggil bapaknya, ‘pak aku minta uang, aku lapar sekali pak.‘ Mendengar permintaan anaknya, bapaknya marah dan berkata: ‘pergi sana; bapak lagi bekerja.‘ Tetapi anaknya tidak mau pergi dan terus meminta. Dengan kesal bapaknya mengambil batu dan mengancam akan melemparnya kalau ia tidak mau pulang. Anak ini tidak gentar dengan ancaman bapaknya dan tetap berteriak, ‘aku minta uang, aku lapar.‘Akhirnya hati bapaknya luluh dan memberikan uang kepada anaknya untuk membeli makanan.

Dalam pergulatannya sampai fajar menyingsing, malaikat Tuhan berkata kepada Yakub, ‘biarkan aku pergi. ‘Hal ini dimaksud agar Yakub bisa melaksanakan tugas serta melanjutkan perjalanannya untuk bertemu Esau. Namun Yakub tetap pada pendiriannya dan bersikeras untuk meminta berkat. Yakub bertahan dalam kesungguhan permohonannya untuk memperoleh berkat dari Allah yang hidup. Pergulatan itu bukan hanya bersifat jasmani, melainkan juga rohani.

Orang yang ingin mendapat berkat dari Tuhan, harusnya bersungguh-sungguh dan gigih memperjuangkan. Doa yang bersemangatlah yang akan berhasil. Allah melihat kesungguhan hati Yakub yang memberikan sepenuh hidupnya kepada Allah sehingga Allah mengizinkannya menjadi pemenang dalam pergulatannya Yakub diberi tanda kehormatan dengan mengubah namanya; memberi nama baru, yaitu Israel; seorang pejuang yang berani; seorang yang bertekad seperti pahlawan. Sebuah nama yang lebih besar dari nama-nama para pembesar di bumi. Yakub disertai oleh Allah sepanjang hidupnya ketika ia berjalan bersama-sama dengan Allah dan menyerahkan hidup sepenuhnya kepada Allah. Begitu jugalah seharusnya jika kita memohon sesuatu dari Tuhan. Berdoalah sampal sesuatu terjadi.

KJ.436 : 2,3
Doa : (Tuhan, kuatkan kami agar bertahan dan menang dalam gumul kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *