Rabu 05 Agustus 2020 – Renungan Malam

29 Kali dibaca, Diterbitkan: 5 August 2020        


MINGGU IX SES. PENTAKOSTA


KJ. 367 : 1 – Berdoa

Takut Akan Tuhan

Ulangan 10 : 20 – 22

Ulangan 10 : 20 – 22 ini adalah bagian dari perikop Ulangan 10 : 12 – 22 yang secara keseluruhan berisi pidato Musa. Dalam pidatonya Musa mengingatkan Israel untuk hidup taat dan bersyukur. Peringatan ini disampaikan setelah secara terbuka kepada Musa, Tuhan menyampaikan penilaian-Nya atas bangsa Israel. Israel adalah bangsa yang tegar tengkuk (Ulangan 9 : 13). Bukan tanpa alasan Tuhan menilai demikian. Sejak dari Mesir sampai tiba di daerah gunung Sinai, Israel berulangkali menentang Tuhan (Ulangan 9:7). Setelah dua loh batu perjanjian yang berisi sepuluh Firman Tuhan dibuat baru (yang pertama hancur setelah Musa melemparkannya ke tengah orang Israel yang saat itu melaksanakan ritual penyembahan berhala anak lembu emas, Ulangan 9:16-17), sebelum meIanjutkan perjalanan Musa menyampaikan peringatan tentang apa yang dikehendaki Tuhan untuk dilakukan oleh orang-orang Israel.

Israel sebagai umat perjanjian diingatkan untuk hidup dengan takut akan Tuhan, melibatkan Tuhan dalam seluruh kehidupan serta bersyukur atau memuji Tuhan. Takut akan Tuhan berarti menghormati Tuhan dalam seluruh kehidupan. Menjadikan Tuhan dan Firman-Nya sebagai prioritas dan di atas segalanya serta bersyukur dan memuji Tuhan. Itulah cerminan dari hidup takut akan Tuhan.

Peringatan ini juga memanggil dan mendorong setiap umat termasuk kita yang percaya untuk melakukannya dalam hidup beriman kita. Hubungan kita dengan Tuhan serta kerja layan kita melalui persekutuan, pelayanan dan kesaksian hendaklah dibangun dan dilaksanakan dengan rasa hormat kepada Tuhan. Tanpa hal tersebut maka rutinitas persekutuan yang kita lakukan bahkan pelayanan dan kesaksian tidaklah berarti apa-apa dihadapan-Nya.


KJ. 367 : 6
Doa : (Ya Kristus, mampukan kami untuk hidup takut akan Tuhan)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *