Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 10 OKTOBER 2018 – Renungan Pagi

 

GB.117 : 1,2 – Berdoa

BERBUAT BAIK KEPADA ORANG YANG BERSALAH

Kejadian 42: 18 – 25
Sesudah itu Yusuf memerintahkan bahwa tempat gandum mereka akan diisi dengan gandum dan bahwa uang mereka masing-masing akan dikembalikan…. (ay.25)

Ada banyak orang dipenjara; karena kesalahan kejahatan yang dilakukannya, atau karena dijebak oleh orang lain. Masa pemenjaraan bisa lama (seumur hidup); bisa juga cepat. Tergantung jenis dan kadar kejahatan yang dilakukan serta keputusan hakim berdasarkan ketentuan hukum dalam proses pengadilan. Meski pun kenyataannya bahwa keputusan hakim terkadang tidak sesuai rasa keadilan dan peri kemanusiaan Tujuan pemenjaraan sesungguhnya adalah untuk menimbulkan efek jera, sehingga pelaku sadar dan bertobat. Tentu, ada juga orang dipenjara dengan tujuan untuk mematikan karir politiknya karena dianggap saingan atau musuh.

Yusuf memenjarakan saudara-saudaranya selama tiga hari kemudian dibebaskan. Ia tidak punya alasan untuk berlama-lama menahan mereka. Pertama, mereka tidak bersalah karena bukan pengintai. Kedua, Yusuf memikirkan ayah dan adiknya serta kaum keluarganya di Kanaan yang sedang menanti kepulangan mereka membawa bahan makanan. Ketiga, Yusuf ingin segera berjumpa dengan adiknya, Benyamin. Oleh karena itu, ia hanya menahan Simeon sebagai jaminan agar mereka kembali membawa Benyamin kepadanya. Penyesalan dan pengakuan atas apa yang telah mereka lakukan di masa lalu sudah cukup, dan hal itu membuat Yusuf terharu menangis. Sehingga diperintahkan untuk mengisi gandum, mengembalikan uang dan memberi bekal selama di perjalanan dan disuruh mereka pulang ke Kanaan.

Ada banyak orang yang bersalah kepada kita; baik di masa lalu maupun masa kini. Tetapi yakinlah, bahwa karena kesalahan mereka itu, Tuhan telah menolong dan memberkati hidup kita. Oleh karena itu, jangan membalas dan menutup pintu berkat Tuhan bagi mereka. Prioritaskan kelanjutan kehidupan mereka dan seisi keluarganya serta berbuat baiklah kepada mereka karena Tuhan percayakan tugas itu kepada kita.

GB.117 :4,7
Doa : (Tuhan, ajarlah kami untuk berbuat baik kepada sesama)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya