RABU, 14 AGUSTUS 2019 – Renungan Malam

24 Kali dibaca, Diterbitkan: 14 August 2019        


 

MINGGU IX SESUDAH PENTAKOSTA

GB.6 : 3 – Berdoa

PERCAYA DAN DISELAMATKAN IMANMU

1 Petrus 1:8-12
“karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu” (ay.9)

Iman Kristen dibangun atau bertumbuh atas dasar kepercayaan kepada Tuhan Yesus yang telah bangkit dan hidup serta berkuasa. Demikian yang Tuhan Yesus katakan kepada para murid, termasuk Tomas yang tidak mau percaya jika belum melihat: Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya (Yoh. 21 :29). Tuhan Yesus menjamin bahwa orang yang tidak melihat Dia, tetapi percaya kepada-Nya adalah orang yang berbahagia. Hal ini juga yang disaksikan oleh orang-orang Kristen di perantauan. Petrus memuji iman mereka kepada Tuhan Yesus. Mereka tetap percaya dan mengasihi Tuhan, meskipun mereka belum pernah melihat Dia.
Mereka bergembira dan bersukacita meski pun di tengah berbagai cobaan dan derita yang dialami. Sikap seperti ini hanya bisa dinyatakan oleh orang-orang yang telah mencapai tujuan imannya. Oleh karena itu, Petrus mengatakan, karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yakni keselamatan jiwamu. (ay. 9).

Keselamatan merupakan karya Yesus Kristus melalui penderitaan, kebangkitan dan kemuliaan-Nya. Berita tentang keselamatan telah diteliti dan dinubuatkan oleh para nabi serta terus diwartakan kepada semua orang agar mereka percaya kepada Yesus Kristus dan diselamatkan. Hanya Yesus Kristus yang bisa menjamin keselamatan jiwa kita. Hal itu bisa kita alami jika kita percaya kepada-Nya. Kita tidak bisa menyelamatkan jiwa kita dengan kekuatan atau harta benda yang kita miliki. Keselamatan adalah tujuan hidup setiap orang. Semua orang ingin selamat. Saat sakit, kita ingin sembuh. Saat dalam cobaan dan ancaman, kita ingin selamat. Tuhan Yesus menjamin semua. Karena itu, mari sungguh-sungguh beriman kepada-Nya.

Sebelum beranjak tidur, mari bersyukur karena Tuhan Yesus sudah menyelamatkan kita dari berbagai hal yang kita alami sepanjang hari ini. Ia juga akan menyelamatkan kita dan membangunkan kita di hari esok agar terus berkarya bagi-Nya.

GB.6:4
Doa : (Ya Tuhan teguhkan iman kami di tengah pencobaan hidup)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *