Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 14 NOVEMBER 2018 – Renungan Malam

 

MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA

KJ.363 : 1 – Berdoa

KEMURAHAN HATI

2 Korintus 9:6-15
“kamu akan diperkaya dalam segaia macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami” (ay.11)

Seberapa sungguh dan besar rasa syukur kita kepada TUHAN? rasa syukur dalam menjalani hari-hari yang TUHAN berikan untuk kita tapaki dari waktu ke waktu yang di dalamnya kekuatan, kesehatan dan kebutuhan-kebutuhan hidup dipenuhi oleh-Nya. Bisa jadi kita tidak pernah mengukur seberapa sungguh dan seberapa besar rasa syukur kita. Bisa jadi kita beranggapan bahwa tidak penting untuk mengevaluasi kesungguhan diri kita dalam hal bersyukur.

Bacaan firman TUHAN saat ini mengemukakan tentang hal memberi dengan sukacita dan dengan rasa syukur yang dilandasi oleh kemurahan hati:”kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, . . .”Kalimat “kemurahan hati” hendak menjelaskan sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap orang percaya dalam hal memberi, sehingga pemberian tersebut akan membuahkan rasa syukur dan terhindar dari keberatan-keberatan hati.

Apa itu “kemurahan hati”? Kemurahan hati (Yun. haplotes) adalah perbuatan baik yang nyata. Artinya, suatu perbuatan baik yang bukan sebatas diucapkan, tetapi terlihat dan dapat dirasakan secara nyata melalui sebuah perbuatan dan tindakan. Dalam perikop ini lebih ditujukan kepada perbuatan baik yang nyata dalam hal memberi. Bagaimana memiliki “kemurahan hati”? Firman TUHAN menjelaskan bahwa kemurahan hati itu akan kita miliki jika TUHAN menganugerahkannya kepada kita sebagai suatu kekayaan dan melekat dalam sikap hidup orang beriman yang akan membangkitkan syukur kepada TUHAN. Oleh sebab itu, jika hari ini dalam hal memberi masih terdapat keberatan-keberatan hati, itu berarti bahwa kita belum sungguh-sungguh bersyukur. Supaya kita sungguh bersyukur dalam hal memberi, make mulailah memohon kepada TUHAN untuk memiliki apa yang dituliskan rasul Paulus “Kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati. ”

KJ. 363 : 2
Doa : (TUHAN, berikanlah kami kemurahan hati)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya