Rabu 14 Oktober 2020 – Renungan Malam

4 Kali dibaca, Diterbitkan: 14 October 2020        


MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA

♪ KJ. 382:1 – Berdoa

Hosea 11 : 5-7

Dihukum Karena Berdosa

Hosea memberitakan hukuman Tuhan yang akan menimpa umat Israel. Tuhan akan membawa mereka kembali ke Mesir (negeri perbudakan, tempat dimana dulu Tuhan mengambil mereka) Asyur nanti menjadi raja mereka (ay.5); dan kota-kota mereka akan diserbu (ay.6).

Tuhan memberitakan alasannya. Pertama, karena mereka menolak untuk bertobat (ay.5). Kedua, karena mereka betah membelakangi Tuhan, memanggil Baal, dan berhenti meninggikan nama-Nya (ay.7).

Dalam kaitannya dengan konsep “hubungan bapa-anak”, maka dapat dikatakan bahwa hukuman yang dilakukan oleh Tuhan kepada bangsa Israel sifatnya adalah pendisiplinan umat. Tuhan menghukum umat berdosa, agar mereka bertobat dan kembali setia kepada-Nya. Banyak penderitaan manusia bukan karena dia berbuat dosa. Misalnya, kisah Ayub yang menderita bukan karena berdosa. Penderitaan yang dialaminya untuk mencobai dia. la kehilangan segala kepunyaannya (harta bendanya, anak-anaknya, kesehatannya, bahkan diitinggalkan oleh isterinya), kecuali imannya. la mengeluh. Ya! Namun demikian, ia tetap percaya bahwa Tuhan itu baik.

Jadi, penderitaan itu bisa merupakan akibat hukuman Tuhan ataupun ujian yang direstui-Nya. Karena itu, jika kita menderita, hendaknya bertobat dan tabah menghadapinya. Bertobatlah, karena mungkin kita berdosa. Tabahlah, karena kita sedang diuji oleh Tuhan. Itu berarti kita adalah orang yang dikasihi oleh Tuhan. Dosa merusak persekutuan jemaat. Oleh sebab itu, hendaknya kita merancang dan melakukan seluruh kegiatan pelayanan jemaat sesuai kebenaran. Dengan demikian jemaat bertumbuh sebagai orang benar, adil, juga jujur, bukan jadi penipu, pencuri, gila hormat, tinggi hati, amoral, dan Iainnya.

KJ 382 : 3
Doa : (Tuhan Yesus, mohon jadikan taat kepada-Mu, karena percaya bahwa Engkau baik dan penuh kasih setia)


Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *